Memilih saham mirip dengan membuka usaha yang bagaimana

Memilih saham

Memilih saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

 Jika anda hendak memulai suatu usaha tentunya anda akan bersusah payah diawal untuk melakukan persiapan sebelum usaha dibuka. Anda perlu menentukan apa yang hendak anda jual (barang atau jasa). Anda perlu melakukan survei lokasi tempat usaha anda. Anda membuat kalkulasi-kalkulasi biaya yang dibutuhkan. Dan mungkin masih ada hal-hal lain yang perlu anda persiapkan sebelum usaha dibuka. Kalau anda tidak mau bersusah payah membuat persiapan, harga yang anda bayar terlalu mahal. Bisa jadi usaha anda langsung macet di bulan pertama.

Dalam memilih saham tidak berbeda dengan ilustrasi diatas. Anda perlu membuat persiapan dengan memilah-milah saham-saham yang layak menjadi target beli anda dan membuang (tidak perlu diperhatikan) saham-saham yang tidak termasuk dalam daftar beli anda. Anda perlu menggali informasi terhadap perusahaan yang bersangkutan. Anda perlu menganalisa fundamental dari perusahaan yang hendak anda beli sahamnya. Anda juga perlu mencermati grafik pergerakan harga untuk menentukan kapan saat anda akan membelinya. Meskipun anda yakin bahwa saham yang anda pilih memiliki fundamental yang baik, kalau sedang berada dalam situasi bursa yang secara umum turun (Bearish) akan tetap membuat anda rugi besar.

Anda memerlukan analisa fundamental dan analisa teknikal sekaligus untuk berhasil meraup keuntungan yang besar dan menjadi Investor Sukses.

Apa itu analisa teknikal ?

Orang-orang yang bertansaksi mengandalkan analisa teknikal (Investor Teknis) melakukan pengamatan tentang fluktuasi harga yang terlihat digrafik. Mereka cendrung membeli berdasarkan harga dan sentimen pasar, mirip orang-orang yang belanja mencari barang obralan dan diskon.

Membeli saham ini yang murah, saham itu yang murah kemudian setelah membeli lalu bertanya-tanya “kenapa tadi saya membelinya?”

Investor yang murni mengandalkan analisa teknikal tidak peduli pada internal perusahaan (rencana-rencana perusahaan)

Perilaku seperti ini yang membuat banyak orang merasa terlalu riskan untuk membeli saham karena anda akan takut melihat fluktuasi harga mengikuti emosi pasar. Mungkin 80% pelaku bursa saat ini bertransaksi dengan cara seperti ini. Charles Dow yang terkenal dengan Dow-Jones adalah seorang yang bertransaksi mengandalkan analisa teknikal. Salah satu pemain bursa terbaik yang mengandalkan analisa teknikal mungkin bisa kita sebut George Soros

Lebih jauh tentang bagaimana membuat analisa teknikal berdasarkan grafik fluktuasi harga saham akan dijelaskan pada bagian Menjadi Investor yang Sukses

Apa itu analisa fundamental ?

Orang yang bertransaksi mengandalkan analisa fundamental (Investor Fundamental) mencermati dan meneliti laporan-laporan keuangan setiap perusahaan sebelum membeli sahamnya.Mempertimbangkan prospek ekonomi umum maupun industri khusus dimana perusahaan itu berkiprah. Mengevaluasi kekuatan dan potensi perusahaan itu demi kesuksesan dimasa mendatang. Mengkaji sejarah ekonomi dan industri perusahaan itu. Warren Buffet telah diakui sebagai salah satu investor fundamental terbaik

Lebih jauh tentang bagaimana membuat suatu rumusan-rumusan terhadap fundamental perusahaan dalam memilih saham akan dijelaskan pada bagian Menjadi Investor.

Artikel terkait :

Memilih saham mirip dengan membuka usaha yang bagaimana was last modified: Mei 9th, 2013 by Edison Sutan Kayo