PT Kalbe Farma Tbk, merupakan salah satu perusahaan farmasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham KLBF.

Analisa fundamental

Berikut ringkasan kinerja keuangan PT Kalbe Farma Tbk.

2012 2011 2010 2009 2008
Q1 A A A A
Peningkatan EPS +24% +15% +41% +35% +3%
Peningkatan pendapatan +28% +7% +13% +15% +13%
Peningkatan laba operasi +26% +9% +14% n/a n/a
Return on equity (ROE) 24% 23% 24% 22% 20%
Debt to equity ratio (DER) 0,25 0,27 0,31 0,39 0,38

Analisa huruf  C & A dalam formulasi CAN SLIM

Laba (per lembar saham) kuartal terakhir yaitu kuartal 1 tahun 2012 (C -> current quarter earning) meningkat sebesar 24% (EPS) dibandingkan dengan laba yang diperoleh di kuartal 1 tahun 2011.

Peningkatan laba tiap tahun (A -> annual earning increase) stabil diatas 15% dalam 4 tahun terakhir (peningkatan EPS tahun 2012, 2011, 2010, 2009).

Pada kuartal 1 tahun 2012, prosentase peningkatan EPS (24%) dan laba operasi (26%) hampir seimbang. Ini untuk memastikan bahwa laba yang diperoleh merupakan hasil dari operasi perusahaan (secara dominan).

Dari sisi hutang, rasio hutang terhadap modal (DER -> dept to equity ratio) cendrung menurun. Penurunan jumlah hutang akan mengurangi biaya bunga yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada kreditor.

Analisa huruf L dalam formulasi CAN SLIM

Perusahaan farmasi yang melantai di BEI selain Kalbe Farma Tbk ada Tempo Scan Pasific Tbk (TSPC), Kimia Farma Tbk (KAEF), Indo Farma Tbk (INAF) dan beberapa yang lainnya. Kalbe Farma merupakan pemimpin pasar(L -> Leader or laggard) jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis di sektornya. Pemimpin baik dari segi aktifitas perdagangan di bursa (likuid) maupun dari segi kapitalisasi pasar.

Analisa huruf N dalam formulasi CAN SLIM

Kalbe Farma telah melakukan riset dan mengalokasikan dana untuk riset produk baru senilai 120 milyar (Info Bank News 3 Des 2011). Disamping itu Kalbe Farma juga melakukan investasi untuk pembangunan pabrik baru senilai 200 milyar (Bisnis Indonesia 13 Februari 2012).  Ini memberikan indikasi akan munculnya produk-produk unggulan baru dari Kalbe Farma (N -> New product, New management, New high)

Analisa Teknikal

Analisa huruf M dalam CAN SLIM

Pasar secara umum masih down trend akibat krisis global di Eropa. Pada guncangan bursa dalam 4 minggu sebelumnya, Kalbe Farma juga terkoreksi, namun cepat membaik dikala penurunan di bursa mulai mereda. Secara individual, arah pergerakan harga saham Kalbe Farma (M -> market direction) mulai tren naik dan mencoba menembus harga resistennya.
Analisa grafik harga Kalbe Farma (KLBF)
Dalam grafik harga saham mingguan, terlihat pola harga yang menyerupai cangkir bertangkai (cup with handle).  Pola cangkir terbentuk selama lebih kurang 7 bulan. Lalu mengalami koreksi normal membentuk tangkai (handle). Konsolidasi di wilayah tangkai sudha berlangsung selama 7 minggu.

Pada penutupan sore ini (13 Juni 2012) saham Kalbe Farma ditutup diharga 3975. Ini sudah mendekati harga resisten yang harus ditembus yaitu 4050 (buy point).   Amati terus pergerakan harga Kalbe Farma, dan jika sudah diperdagangkan di buy point, siap-siap untuk membeli.

Disarankan untuk tidak mendahului (membeli dibawah buy point). Membeli di buy point adalah untuk memastikan bahwa ada permintaan (demand) yang besar sehingga harga Kalbe Farma mampu melambung melewati harga resisten (buy point). Jika membeli dibawah buy point, harga masih cendrung berfluktuasi dikisaran sempit. Dan bagi anda yang tidak sabaran, situasi ini akan menjengkelkan. Disamping itu, saham yang masih berada dibawah buy point berpotensi melemah kembali jika situasi bursa (secara umum) melemah. Pelemahan bisa cukup dalam.  Pola cup with handle yang gagal breakout (menembus resisten) akan cendrung terkoreksi membentuk pola double buttom.  Dan jika ini yang terjadi, saham Kalbe Farma bisa terpental ke buttom sebelumnya dikisaran 2600.

Selalu kendalikan emosi anda di bursa :)