Analisis Saham TMPI : penurunan abnormal

Analisis saham TMPI (Agis Tbk)

Saham TMPI (Agis Tbk) sempat mengalami kenaikkan selama hampir 4 bulan. Kenaikan dalam kurun waktu tersebut secara akumulasi  cukup besar. Mulai bergerak dari harga 151 perak (harga penutupan 7 Juni 2012).  Hari Kamis (25 Oktober 2012) saham TMPI tersedak.  Terjungkal dengan pernurunan sehari sekitar 16,7%.  Dan yang membuat penurunan tersebut fenomenal adalah volume transaksinya yang besar disaat harga tururn tajam.

Situasi harga yang turun tajam dengan volume yang besar adalah suatu pertanda yang sangan buruk.  Ada yang tidak beres. Investor harus secepat mungkin melepas (dalam posisi rugi atau cut loss) saham TMPI.   Jika anda justru melakukan pembelian dikala harga anjlok drastis atau melakukan average down, anda akan mengalami kesulitan besar. Anda mengulangi kesalahan klasik yang dilakukan investor amatiran.

Analisa saham TMPI (Agis Tbk)

Dari gambar diatas, dapat dilihat penurunan tajam dengan volume besar ini.  Dan ini adalah situasi yang tidak normal.

Saham TMPI (Agis Tbk) 2007-2008

Ada baiknya kita melihat sejarah kembali ke tahun 2007.  Saham Agis kala itu berharga 190 perak (harga penutupan 30 November 2006).  Harga bergerak perlahan naik, tapi pasti. Tidak ada sesuatu yang sangat fundamental dari pertumbuhan kinerja perusahaan Agis Tbk. Namun rumor saat itu macam-macam.  .

Grafik harga saham TMPI 2007-2008

Saham TMPI sempat di suspensi beberapa kali, dan otoritas bursa meminta klarifikasi kepada manajemen perusahaan untuk memberikan informasi kepada publik jika ada informasi yang fundamental yang wajib diinformasikan ke publik.  Manajemen perusahaan mengatakan tidak ada informasi yang disembunyikan tentang kinerja perusahaan.

Walhasil, dari beberapa kali suspensi harga saham TMPI terus melejit. Bahasa keren di bursa “gorengannya maut :D”.  Saya sempat main di saham Agis dari harga 200-san sampai 1.100 san (tik tok).  Maklum kala itu saya sering one day trade :D.  Agis terus melaju.

Dikala hari kejatuhan, teman saya sempat mengejar (hit) diharga 4.200 pada saat bursa baru buka. Namun harga bergerak cepat keatas hingga 4.650.  Untung kawan saya akhirnya mencabut antrian dan antri untuk saham lain.  Layar (running) hanya dipenuhi saham TMPI.  Dan, beberapa jam kemudian, bid pada hilang, baaaaannnnnng.  TMPI hari itu tersungkur di auto reject bawah (turun 33%).  Besok juga auto reject bawah (turun lagi 33% :D) dan seterusnya.

Sejarah saham TMPI ditahun 2007 juga membuat bangkrut sebuah sekuritas.

Di bursa saham berlaku : “panas setahun dihapus hujan sehari”

Analisis Saham TMPI : penurunan abnormal was last modified: Oktober 26th, 2012 by Edison Sutan Kayo