Analisis saham JSMR

PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan pemain utama dalam hal konstruksi jalan tol di Indonesia.

Analisa CAN SLIM saham JSMR

Huruf C & A : Current quarter earning & Annual earning increase

Laba kuartal terakhir, laba tahunan meningkat

Berikut ringkasan kinerja keuangan Jasa Marga Tbk

2009   (A) 2010   (A) 2011   (A) 2012 (Q3)
1. Peningkatan
a. EPS (Earning Per Shares) +41% +20% +12% +38%
b. Penjualan (pendapatan) +10% +19% +13% +38%
c. Laba operasi (laba usaha) +10% +31% +15% +30%
2. ROE (Return On Equity) 14% 15% 14% 18%
3. DER (Dept to Equity Ratio) 1,25 1,45 1,32 1,13

Catatan: ROE 2012 sudah disetahunkan (annualize).  A=Annualize ; Q3 = 3rd quarter

Huruf C : Current quarter earning

Laba kuartal terakhir

Laporan keuangan sekarang (terakhir) yang baru saja dilaporkan adalah kuartal 3 tahun 2012. EPS meningkat 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011. Penjualan juga meningkat 38%. Laba usaha meningkat 30%.  Dari sini dapat disimpulkan bahwa laba secara dominan diperoleh dari hasil operasi perusahaan (perbedaan peningkatan laba usaha dengan peningkatan EPS tidak terlalu jauh).

Dibandingkan dengan modal (equity), laba yang diperoleh cukup tinggi dimana ROE mencapai 18%. Namun ini masih dibawah nilai patokan yang dipakai Saham OK (Saham OK mematok ROE minimal 25%).  Namun ROE ini masih jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan suku bunga bank maupun return dari obligasi.

Rasio hutang terhadap modal (Dept to Equity Ratio) sebesar 1,13 kali dari modal yang dimiliki.  Rasio hutang ini termasuk besar.  Sebagai pembanding, Unilever (UNVR) memiliki DER dibawah 0,5 kali.  Tapi saya belum pernah tahu bahwa Jasa Marga pernah wanprestasi dalam membayar hutang.  Jadi kita bisa simpulkan bahwa meskipun DER Jasa Marga cukup tinggi, namun masuk kategori lancar alias Jasa Marga sanggup membayar hutang-hutangnya.

Huruf A : Annual earning increase

Laba tahunan meningkat

Dari indikator EPS, pendapatan dan laba operasi, Jasa Marga selalu berhasil menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Perusahaan yang berkembang yang memiliki pasar berkesinambungan pasti EPS, pendapatan dan laba operasinya selalu naik.

Huruf N : New management, new product, new high

Manajemen baru, produk baru, harga saham tertinggi baru

Harga saham Jasa Marga baru saja mencapai harga tertingginya diharga 6000 pada tanggal 27 Agustus 2012.

Manajemen puncak Jasa Marga baru saja diganti di akhir Januari 2012.  Penggantian manajemen ini tentu tidak lain bertujuan untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan Jasa Marga.

Produk baru yang diharapkan dari Jasa Marga tentunya terbangunnya beberapa ruas jalan tol baru.  Ditahun-tahun mendatang ada beberapa ruas jalan tol yang akan digarap oleh Jasa Marga , diantaranya :

(anda bisa cari sendiri berita-berita tentang jalan tol baru yang akan digarap Jasa Marga melalui Googling)

Huruf S : Supply and demand

Permintaan dan penawaran

Sama halnya dengan perdagangan di sektor ril, harga barang naik apabila permintaan jauh melebihi penawaran (persediaan barang). Harga saham pun dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran.  Cermati bila ada permintaan yang makin meningkat di saham JSMR.  Ini bisa diketahui dengan melihat volume transaksi harian melalui grafik.

Huruf L : Leader or laggard

Pemimpin atau pecundang

Jasa Marga berada satu sub sektor dengan Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP).  Jasa Marga adalah pemimpinnya (leader).

Huruf I : Institutional sponsorship

Institusi sponsor 

Institusi mana saja yang mengendalikan (berinvestasi) di saham Jasa Marga?. Salah satunya adalah PT Jamsostek (Persero) yang memiliki (berinvestasi) di saham JSMR sebesar 1,49%. Beberapa institusi lain tentunya bisa bank, perusahaan asuransi atau perusahaan investasi lainnya. Saya agak kesulitan untuk bisa mendapatkan informasi tentang institusi apa saja selain Jamsostek yang sedang memiliki saham JSMR.   Tetapi intinya adalah, saham akan bergerak naik apabila intitusi pengendali adalah yang bertipe longterm investment. Sehingga tidak akan terjadi penjualan besar-besaran dalam waktu singkat.  Dan Jamsostek adalah tipikal yang long term investment (gak mungkin lah Jamsostek berinvestasi di saham gorengan :D).

Huruf M : Market direction

Arah pasar

Bursa Indonesia memiliki tren yang sedang naik. Fluktuasi kecil-kecilan dari indeks menunjukkan tingkat gambling di bursa menurun.  Bursa terkeret naik oleh saham-saham yang memang memiliki kinerja bagus (setelah laporan keuangan kuartal 3 keluar).  Potensi koreksi tentu saja selalu ada. Dalam tren naik tentu ada saat turunnya.

Grafik IHSG per 30 Oktober 2012

Grafik IHSG per 30 Oktober 2012

 Dari grafik harga saham JSMR berikut, terlihat sebuah pola yang mendatar (lebih dikenal juga dengan istilah Flat Base Pattern).

Analisis teknikal saham JSMR (Jasa Marga Tbk). Pola datar (flat base pattern)

Grafik harga saham JSMR : pola datar (flat base pattern)

Pola pergerakan harga mulai mendatar sejak 20 Juli 2012.  Tren mendatar sudah berlangsung selama lebih kurang 16 minggu. Pada perdagangan kemaren (30 Oktober 2012) saham JSMR mulai sedikit naik namun volume transaksi masih tipis (demand masih kecil). Dengan keluarnya laporan dari kuartal 3 yang cukup baik, memungkinkan saham JSMR kembali mampu breakout (menembus) harga resistennya di 6000.

Cermati perdagangan harga saham JSMR.  Jika saat diperdagangkan diharga resisten atau buy point yaitu 6000, dan jika volume perdagangan cukup ramai, boleh siap-siap untuk membeli.  Sebagaimana normalnya, saham-saham dengan fundamental bagus dan breakout dari sebuah pola grafik akan cendrung makin naik mencapai 20% (atau lebih) dalam beberapa minggu (kadang hanya dalam beberapa hari).

Anda berminat? Sama dooong…. :D