Analisa CAN SLIM saham CPIN (Charoen Pokphand Tbk)

Analisis saham

Analisa saham CPIN

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) adalah penghasil pakan ternak, Day Old Chicks dan makanan olahan terbesar di Indonesia. Perseroan didirikan tahun 1972 dengan pabrik pakan ternak terbesar pertama di Jakarta untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk  melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham CPIN. Berada satu sub sektor dengan Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), Malindo Feedmill Tbk (MAIN) dan Sierad Produce Tbk (SIPD).  Diantara keempat perusahaan ini, Charoen Pokphand merupakan perusahaan terbesar dengan total kapitalisasi saat ini (per penutupan Rabu, 19 Desember 2012) mencapai 56. 573 milyar (56,7 trilyun). Diikuti Japfa Comfeed 12.793 milyar (12,8 trilyun), Malindo Feedmill 4.238 milyar (4,2 trilyun) dan Sierad Produce 470 milyar (0,5 trilyun).

Analisa CAN SLIM saham CPIN

Huruf C & A : Current quarter earning & Annual earning increase

Laba kuartal terakhir, laba tahunan meningkat

Berikut ringkasan kinerja keuangan Charoen Pokphand Indonesia Tbk

  2009   (A) 2010   (A) 2011   (A) 2012 (Q3)
1. Peningkatan        
  a. EPS (Earning Per Shares) +538% +38% +7% +27%
  b. Penjualan (pendapatan) +10% +3,5% +19% +18%
  c. Laba operasi (laba usaha) n/a +34% +6% +20%
2. ROE (Return On Equity) 55% 50% 38% 38%
3. DER (Dept to Equity Ratio) 0,82 0,46 0,43 0,48

Catatan: ROE 2012 sudah disetahunkan (annualize).  A=Annualize ; Q3 = 3rd quarter

Huruf C : Current quarter earning

Laba kuartal terakhir

Laporan keuangan sekarang (terakhir) yang baru saja dilaporkan adalah kuartal 3 tahun 2012. EPS meningkat 27% dibandingkan dengan periode yang sama (kuartal 3 tahun 2011).  Penjualan meningkat 18% dan laba operasi meningkat 20%.   Dari 3 indikator ini, tercermin solidnya kinerja perusahaan.

ROE dalam 4 (empat) tahun terakhir sangat baik yang selalu diatas 25%.  Sedangkan rasio hutang terhadap modal stabil dibawah 0,5 kali.

Laba tahunan meningkat

Dari indikator EPS, pendapatan dan laba operasi, Charoen Pokphand Tbk  selalu berhasil menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Perusahaan yang berkembang yang memiliki pasar berkesinambungan pasti EPS, pendapatan dan laba operasinya selalu naik.

Huruf N : New management, new product, new high

Manajemen baru, produk baru, harga saham tertinggi baru

Hari ini (Rabu, 19 Desember 2012), Charoen Pokphand baru saja mencapai harga tertingginya yang baru sepanjang masa (harga sudah disesusikan dengan sebelum stock split) di 3500.

Huruf S : Supply and demand

Permintaan dan penawaran

Dalam beberapa hari terakhir, aktifitas perdagangan saham CPIN mulai ramai dan volume transaksi juga mulai meningkat. Volume meningkat dikala harga bergerak naik menunjukkan mulai menguatnya permintaa.. Sama halnya dengan perdagangan di sektor ril, harga barang naik apabila permintaan jauh melebihi penawaran (persediaan barang). Untuk bisa mencermati ini lebih lengkap, kita harus melihat grafik harga saham harian dari saham CPIN.

 

Huruf L : Leader or laggard

Pemimpin atau pecundang

Diantara 4 (empat) perusahaan yang bergerak di sektor yang sama (CPIN, JPFA, MAIN, SIPD), Charoen Pokphand memiliki kapitalisasi paling besar. Kinerja CPIN, JPFA & MAIN secara fundamental sama baiknya, hanya SIPD yang kinerja fundamentalnya buruk.

CPIN adalah pemimpin di sektornya.

Huruf I : Institutional sponsorship

Institusi sponsor 

Institusi mana saja yang mengendalikan (berinvestasi) di saham Charoen Pokphand?. Institusi yang menjadi sponsor (memiliki porsi kepemilikan dominan) bisa bank, perusahaan asuransi atau perusahaan investasi lainnya. Saya agak kesulitan untuk bisa mendapatkan informasi tentang institusi mana saja yang berinvestasi long term di saham CPIN.   Intinya adalah, saham akan bergerak naik apabila intitusi pengendali adalah yang bertipe long term investment. Sehingga tidak akan terjadi penjualan besar-besaran dalam waktu singkat.

Huruf M : Market direction

Arah pasar

Bursa Indonesia memiliki tren yang sedang naik. Fluktuasi kecil-kecilan dari indeks menunjukkan tingkat gambling di bursa menurun.  Bursa terkeret naik oleh saham-saham yang memang memiliki kinerja bagus (setelah laporan keuangan kuartal 3 keluar).  Potensi koreksi tentu saja selalu ada. Dalam tren naik tentu ada saat turunnya.

Pergerakan IHSG

Grafik IHSG per 19 Desember 2012

Grafik IHSG per 19 Desember 2012

Analisa teknikal – Grafik harga saham CPIN

Grafik Saham CPIN - Cup with Handle

Grafik Saham CPIN – Cup with Handle

Grafik harga saham CPIN membentuk pola cangkir bertangkai (cup with handle pattern). Landasan (cangkir) terbentuk selama 22 minggu. Lalu mengalami konsolidasi selama 4 minggu membentuk tangkai (handle).  Hari ini (19 Desember 2012) harga saham CPIN berhasil breakout (menembus) harga resistennya di 3475 dan mencapai harga tertinggi bari di 3500 meski akhirnya ditutup di 3450.

Sinyal kuat bahwa harga saham CPIN akan menguat dalam beberapa hari atau beberapa minggu ke depan.

Secara keseluruhan, saham CPIN memenuhi kriteria CAN SLIM. Saham CPIN juga memenuhi kriteria untuk saham blue chip.

Anda sudah beli? Saya sudah tadi 😀

Analisa CAN SLIM saham CPIN (Charoen Pokphand Tbk) was last modified: Maret 1st, 2017 by Edison Sutan Kayo