Analisa saham UNVR: berpotensi golden cross

Analisa saham UNVR

Saham UNVR (Unilever Indonesia Tbk) merupakan salah satu saham bluechip yang selalu membukukan kinerja keuangan meningkat dari tahun ketahun. Tidak ada keraguan (hingga saat ini) akan fundamental saham UNVR.  Saham yang sangat cocok bagi yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Namun tidak berarti jangka pendek tidak bisa dilakukan pada saham UNVR. Dengan kemampuan analisa grafik (analisa teknikal), peluang besar juga terlihat.

Analisa saham UNVR: golden cross

Kita coba mencermati grafik harga saham UNVR per penutupan tanggal 14 Februari 2013 berikut ini.

Grafik harga saham UNVR

Grafik harga saham UNVR

Saham UNVR sempat terjungkal oleh goncangan sesaat (shake out) akibat adanya berita bahwa Unilever Indonesia akan membayar royalty menjadi 5% dari yang sebelumnya hanya 3,5% kepada Unilever NV. Beban royalty ini berarti naik hampir 43% (dari 3,5 menjadi 5). Namun jika dibandingkan dengan prosentase dari keuntungan bersih yang akan tergerus untuk royalti, kenaikan ini hanya 1,5% saja.

Kenaikan tersebut sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja Unilever. Yang lebih penting adalah apakah Unilever mampu meningkatkan produk unggulan dan penjualan nya terus menerus. Jika penjualan selalu meningkat, keuntungan selalu meningkat, beban royalty yang bertambah 1,5 % tidak jadi soal.

Kembali pada grafik harga diatas, walhasil goncangan sesaat tersebut mampu membuat harga saham UNVR merosot lebih dari 22% dalam 2 hari saja, merosot jauh dibawah garis Moving Average 200 hari (MA200).

Setelah konsolidasi (harga mulai merapat atau berfluktuasi normal) sekitar 8 minggu, semua garis MA mulai mengerucut. dari gambar diatas, tergambar MA10, MA20, MA50 dan MA200.  Ada potensi kuat bahwa MA yang lebih kecil akan memotong MA yang lebih besar keatas. Jika dalam beberapa hari kedepan terjadi perpotongan sehingga MA10 memotong MA20, MA20 memotong MA50 dan MA50 memotong MA200, kondisi ini akan lebih dikenal sebagai perpotongan emas (golden cross).

Dalam banyak kasus, saham yang memiliki pola golden cross, harganya akan melompat dalam 2-3 hari. Jika terjadi golden cross di saham UNVR, harga mungkin akan terangkat kembali ke harga sebelum kejatuhannya disekitar 26.000.

Anda berminat? Saya sudah beli 😀

 

Analisa saham UNVR: berpotensi golden cross was last modified: Februari 15th, 2013 by Edison Sutan Kayo