CAN SLIM

Apa itu CANSLIM

Sepintas kata CANSLIM berkonotasi kepada hal-hal yang berkaitan dengan masalah melangsingkan tubuh. Tapi kita tidak sedang membahas tentang kebugaran dan kesehatan :D. Lalu apa itu CANSLIM dalam dunia saham?

CANSLIM atau CAN SLIM adalah metode dalam bertransaksi saham yang dikembangkan oleh William O’Neil, salah seorang investor terkenal yang sudah berkecimpung di bursa Wall Street sejak awal tahun 1960.

Rumusan-rumusan yang dikembangkan dalam metode CANSLIM terbukti sangat efektif dalam berhadapan dengan dunia bursa saham yang penuh dengan spekulasi. Metode CANSLIM dengan cerdik memanfaatkan indikator-indikator sederhana dalam analisa fundamental berdasarkan historis laporan keuangan.  Ditambah dengan penggunaan pola-pola grafik harga saham untuk mempertajam penentuan kapan akan masuk membeli saham. CANSLIM sendiri merupakan singkatan dari :

Makna tiap huruf CANSLIM

CCurrent quarter earning (laba kwartal terakhir)
AAnnual earning increase (laba tahunan meningkat)
NNew product, new management, new price high (produk baru, manajemen baru, harga tertinggi baru)
SSupply and demand (penawaran dan permintaan)
LLeader or laggard (pemimpin pasar atau pecundang)
IInstitutional sponsorship (Apakah investor institusi dominan menguasai sahamnya)
MMarket direction (arah pasar secara umum)

Bagan CANSLIM

Pada bagan dibawah ini, secara garis besar dapat diambil 3 pokok proses dalam seleksi saham menggunakan metoda CANSLIM.

  1. Kinerja perusahaan sebelumnya. Sejarah perusahaan sebelumnya sangat penting. Perusahaan tidak mungkin secara tiba-tiba berkinerja bagus. Pasti akan diawali dengan langkah-langkah perbaikan.
  2. Rencana perusahaan kedepan. Jika perusahaan secara manajemen sudah terlihat solid, lalu apa saja rencana kedepan yang dibuat oleh manajemen. Akankah renana-rencana ini akan meningkatkan pendapatan perusahaan.
  3. Aktifitas harian dan mingguan di bursa. Yang tak kalah penting adalah mencermati aktifitas harian maupun mingguan di bursa. Bursa bergerak disamping oleh faktor fundamental, juga oleh faktor emosional. Sedikit isu yang membuat panik investor bisa membuat bursa terjungkal. Begitu pula sebaliknya.
Bagan CAN SLIM - Apa itu CANSLIM

Apa itu CANSLIM. Bagan CAN SLIM dalam proses seleksi saham

 

Lebih lanjut tentang CAN SLIM dapat dikunjungi : Education at Investors Business Daily. CAN SLIM ® adalah trademark dari Investor Business Daily.

Sekarang anda mungkin sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang apa itu CANSLIM. CANSLIM dalam dunia saham bukan “bisa langsing”. :D