CSR – Pengembangan & pengoperasian SD & SMP

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

Pengembangan & pengoperasian SD & SMP

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk. dibidang pendidikan.

Pengembangan sumber daya manusia merupakan faktor yang mendapat perhatian serius dari Perseroan karena menjadi kunci penting meningkatkan daya saing. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekitar areal perkebunan, Perseroan membangun fasilitas sekolah untuk warga lokal dan para pekerja perkebunannya di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Sampai akhir tahun 2011, Perseroan telah mengembangkan dan mengoperasikan 22 Taman Kanak-kanak, 20 Sekolah Dasar (SD) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seluruh lembaga pendidikan ini didukung oleh 333 orang guru yang mendidik sekitar 9.675 orang siswa. Program pengembangan pendidikan oleh Perseroan ini diberi tajuk care to the future.

Tabel : Sekolah binaan Astra Agro Lestari Tbk

5 SMP Swasta
SMP Astra Agro Lestari Kalimantan Tengah
SMP Pesona Astra Kalimantan Tengah
SMP Indah Makmur Kalimantan Tengah
SMP Pasangkayu Sulawesi Barat
SMP Astra Makmur Jaya Sulawesi Barat
9 SD Swasta
SD Astra Agro Lestari Kalimantan Tengah
SD Pesona Astra Kalimantan Tengah
SD Surya Persada Kalimantan Tengah
SD Harapan Sejahtera Kalimantan Tengah
SD AAL School Kalimantan Timur
SD Pasang Kayu Sulawesi Barat
SD Lestari Tani Teladan Sulawesi Tengah
SD Kimia Tirta Utama Riau
SD 023 Astra Agro Lestari Riau
11 SD Negeri
SDN 03 Silabuan Nangroe Aceh Darussalam
SDN Telaga Bhakti Nangroe Aceh Darussalam
SDN 04 Kunto Darussalam Riau
SDN 014 Sei Sagu Riau
SDN 011 Waru Kalimantan Timur
SDN 023 Babulu Kalimantan Timur
SDN Nanga Pamalontian Kalimantan Tengah
SDN Bampa Apu Sulawesi Barat
SDN Kabuyu Sulawesi Barat
SDN Inpres Pirsus Sulawesi Barat
SDN 015 Afdeling Golf Sulawesi Barat

Perseroan terus memantau dan mengevaluasi keberadaan fasilitas pendidikan yang dikelola secara penuh maupun sekolah negeri yang mendapat dukungan dari Perseroan untuk memastikan proses belajar mengajar berlangsung lancar. Meski sudah puluhan sekolah yang diberdayakan, tidak menutup kemungkinan Perseroan mengembangkan sekolah-sekolah baru jika dibutuhkan oleh masyarakat setempat agar kualitas mereka semakin meningkat.

Selain evaluasi dan pengembangan yang bersifat bangunan fisik, Perseroan telah mengorganisir sejumlah pelatihan untuk kepala sekolah dengan materi kepemimpinan, manajemen sekolah, pengembangan kurikulum, pengawasan sekolah dan kebijakan pendidikan nasional. Pengembangan kualitas pendidikan ini tidak hanya dilakukan untuk kepala sekolah, tapi juga dilaksanakan untuk guru yang berperan sebagai tenaga pendidik secara langsung. Sepanjang tahun lalu, Perseroan telah merekrut 96 guru dan mengembangkan fasilitas pendidikan di Kalimantan Tengah.

Perbaikan kualitas fisik dan non fisik yang terus dilakukan oleh Perseroan telah mengangkat kualitas sekolah-sekolah yang berada di sekitar areal perkebunan ini. Sekolah-sekolah tersebut telah mendapatkan akreditasi dari kantor Dinas Pendidikan Nasional sejak tahun 2010.

Adapun sekolah¬sekolah yang mendapat akreditasi adalah:

  1. Empat SMP Swasta yang dikelola penuh oleh Perseroan
  2. Empat SD Swasta yang dikelola penuh oleh Perseroan
  3. Sepuluh SD Negeri yang didukung oleh Perseroan.

Dari 14 Sekolah swasta yang dikelola, 6 sekolah belum diakreditasi karena usia sekolah tersebut masih di bawah 4 tahun dan ada 1 sekolah pada tingkat SMP yang baru beroperasi pada tahun 2011.

Akreditasi tersebut menunjukkan perbaikan kualitas di tingkat regional yang mampu diraih oleh sekolah-sekolah tersebut. Tapi, Perseroan memandang kualitas sekolah¬sekolah binaan ini masih harus ditingkatkan agar kualitas pendidikannya mampu menyamai kualitas sekolah-sekolah yang lebih baik hingga di tingkat nasional. Untuk itu, Perseroan berkomitmen meningkatkan mutu sekolah-sekolah binaan ini hingga memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan memiliki nilai plus dari lulusannya baik untuk tingkat SD maupun SMP.

Perseroan menargetkan kualitas sekolah-sekolah binaan ini memenuhi SNP pada akhir program tahun 2015 pada setiap sekolah. Pencapaian mutu ini diukur dari hasil ujian nasional dibandingkan dengan rata-rata di tingkat regional, penyerapan lulusan di sekolah-sekolah dengan akreditasi yang setara pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sumber : Annual Report PT Astra Agro Lestari Tbk tahun 2011

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)