CSR – Program lncome Generating Activities (lGA)

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

Program lncome Generating Activities (lGA)

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk. dibidang ekonomi.

Perseroan melaksanakan Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Income Generating Activity / IGA), diantaranya dengan membantu masyarakat membangun kebun kelapa sawit. Dimulai pada tahun 2002 dengan suatu proyek percontohan di desa Tikke Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat, Perseroan memberikan pinjaman bibit kelapa sawit disertai dengan pelatihan teknis budi daya kelapa sawit kepada 30 kepala keluarga. Pada tahun 2006 mereka telah mulai menikmati peningkatan pendapatan dan pada tahun 2007 telah berhasil melunasi pinjamannya.

Perseroan kemudian memperluas pelaksanaan program IGA di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Hingga Desember 2011, Perseroan telah membantu 7.297 kepala keluarga sehingga memiliki kebun kelapa sawit untuk meningkatkan pendapatan mereka. Melalui Program IGA Perseroan telah menyalurkan bantuan berupa pinjaman bibit kelapa sawit dengan pupuknya yang nilainya mencapai Rp 39,40 miliar. Luas kebun kelapa sawit milik masyarakat yang dibangun melalui program ini mencapai 14.465 hektar. Pinjaman ini dilengkapi dengan program pelatihan serta pendampingan, dilaksanakan oleh para staf perkebunan untuk membantu petani menerapkan teknis budidaya kelapa sawit yang baik.

Selain bisnis kelapa sawit, Perseroan juga membantu pembiayaan sejumlah usaha kecil seperti usaha peternakan sapi, peternakan ayam potong, perikanan darat, pertanian hortikultura yang dijalankan oleh warga sekitar perkebunan.

Hal yang paling bernilai dari program pinjaman bibit kelapa sawit kepada masyarakat adalah besarnya partisipasi pesertanya. Para peserta program secara swadaya dengan bergotong-royong menyiapkan lahannya sehingga layak untuk ditanami dengan kelapa sawit, kemudian merawat kebunnya hingga menghasilkan. Pola ini menumbuhkan rasa percaya diri pada para petani dan penghargaan mereka terhadap kebun kelapa sawitnya, sehingga mereka tidak akan menelantarkan atau menjual kebunnya kepada pihak lain.

Dalam jangka panjang, para peserta program akan menikmati peningkatan pendapatan progresif seiring peningkatan produksi kebunnya. Peningkatan pendapatan dalam jangka pendek pun diperoleh dari hasil tumpang sari tanaman hortikultura seperti kacang tanah dan jagung. Program IGA telah meningkatkan kekayaan para petani karena pertambahan nilai lahan yang berubah menjadi kebun kelapa sawit.

Sumber : Annual Report PT Astra Agro Lestari Tbk tahun 2011

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)