CSR – Program Sokola Halom

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

Program Sokola Halom

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk. dibidang pendidikan.

Program Sokola Halom (sekolah alam) merupakan program yang dirancang khusus untuk masyarakat Suku Anak Dalam yang memiliki kehidupan berbeda dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya. Sekolah yang didirikan pada tahun 2009 ini dikelola oleh PT Sari Aditya Loka bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan masyarakat sekitar. Program ini ditujukan untuk masyarakat Suku Anak Dalam dari Rombong Temenggung Tarib dan Betaring di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sorolangun dan Rombong Sikar di Desa Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Kegiatan belajar mengajar ini telah berjalan selama tiga tahun. Pada tahun ajaran 2009/2010 siswa yang belajar berjumlah 22 orang, tahun ajaran berikutnya dengan 17 siswa dan pada tahun ajaran 2011/2012 diikuti oleh 28 siswa.

Kegiatan di sekolah alam ini difokuskan pada aktivitas belajar membaca dan menulis serta berhitung yang diajarkan dengan cara kreatif agar memudahkan peserta pendidikan. Selain itu, materi pelajaran yang diberikan berbasis muatan lokal dengan penekanan khusus pada budi pekerti yang berbasis nilai-nilai adat. Program sekolah alam ini juga melibatkan orangtua siswa untuk membantu memudahkan komunikasi dengan peserta didik.

Sokola Halom juga memperhatikan kesehatan anak-anak Suku Anak Dalam, dimana terdapat kurikulum khusus untuk kebersihan. Dengan adanya kurikulum kebersihan ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran akan kebersihan diri oleh siswa.

Sumber : Annual Report PT Astra Agro Lestari Tbk tahun 2011

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)