CSR – Pemakaian Energi Terbarukan

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Pemakaian Energi Terbarukan

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dibidang pelestarian lingkungan.

Mitigasi emisi karbon yang signifikan telah dilakukan melalui perubahan pola konsumsi energi dari energi tak terbarukan ke energi terbarukan. Melalui upaya ini, dampak lingkungan dalam konteks emisi karbon (CO2) menjadi “zero” atau “carbon free”.

Meskipun dalam skala kecil, Kami telah mulai melaksanakan konsep “carbon free” untuk beberapa kegiatan operasional. Anak Perusahaan Kami, Telkomsel, telah menjadi pelopor dalam penggunaan BTS yang menggunakan energi terbarukan dari energi matahari dan mikrohidro. Dengan menggunakan sel tenaga matahari sebagai energi untuk BTS, emisi karbon yang dapat dikurangi dapat mencapai 961,39 ton CO2 setiap tahunnya.

Telkomsel telah mengoperasikan sebanyak 132 BTS yang menggunakan sel bertenaga matahari di seluruh Indonesia pada tahun 2009 dan 38 BTS lainnya beroperasi mulai tahun 2010 sehingga kini jumlahnya menjadi 170 BTS. Untuk keperluan tersebut, Telkomsel telah melakukan investasi sebesar Rp100 miliar untuk mengembangkan sistem energi bertenaga matahari di tahun 2009 dan menginvestasikan Rp50 miliar lagi di tahun 2010. Dengan 170 BTS bertenaga matahari, saat ini Telkomsel dipandang memiliki BTS ramah lingkungan terbanyak dibandingkan dengan operator lainnya di Asia. Telkom juga terus meningkatkan upaya penggunaan sumber energi alternatif di daerah terpencil.

Sumber : Annual Report PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)