CSR – Pendidikan

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Pendidikan

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dibidang pembangunan sarana & prasarana masyarakat.

Bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan baik keahlian, pengetahuan maupun perilaku pemangku kepentingan, dalam hal ini masyarakat dan keluarga besar Telkom Group. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi program-program:Bagimu Guru Ku Persembahkan, i-CHAT, dan pemberian beasiswa.

Bagimu Guru Ku Persembahkan

Program ini sudah berjalan selama lima tahun dan merupakan salah satu upaya Kami untuk ikut membangun dan menciptakan dunia pendidikan berkualitas di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan antara lain melalui pemberian pelatihan kepada para guru, ujung tombak dunia pendidikan. Pada tahun ke-5 ini, pelatihan dititikberatkan pada pembangunan karakter selain juga memperkuat materi muatan interaktif pada penggunaan IT untuk mengajar.

Ada tiga tujuan dari program “Bagimu Guru Ku Persembahkan”, yaitu:

  • Menjadikan guru sebagai “agent of change” dalam dunia pendidikan di Indonesia;
  • Menambah wawasan guru dalam bidang ICT;
  • Memberdayakan komunitas guru yang telah mengikuti pelatihan.

Pada tahun 2011, program ini diikuti 640 peserta guru SMP dan SMA. Penyelenggaraan pelatihan dilakukan pada 10 (sepuluh) lokasi di pulau Jawa dan Sumatera dan dikemas dalam bentuk interaktif sehingga para guru dapat berinteraksi langsung dengan pemberi materi.

i – CHAT (I Can Hear and Talk)

i-CHAT adalah perangkat lunak yang berupa aplikasi dan portal hasil kreativitas unit Research Development Center (“RDC”) Telkom yang bertujuan membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi kalangan tunarungu dan anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran. Program ini memungkinkan penyandang tunarungu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat luas. Misalnya, tunarungu yang menjadi kasir dapat berkomunikasi dengan konsumen menggunakan isyarat yang diterjemahkan melalui monitor dan suara. Pengembangan aplikasi dan portal i-CHAT didorong untuk mempercepat dan memperluas partisipasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi kalangan tuna rungu. Terutama terkait kemampuan berbahasa mereka.

Aplikasi yang resmi tersedia dibuat dalam dua mode: mode offline, yang mengharuskan pengguna untuk melakukan instalasi program pada komputernya dan mode online yang memungkinkan pengguna dapat menjalankan aplikasi dengan mengakses situs i-CHAT di http://www.i-chat.web.id. Saat ini portal tersebut memuat aplikasi i-CHAT secara online yang terdiri dari lima modul: Kamus, Abjad Jari, Bilangan, Tematik, dan Susun Kalimat.

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2011, Kami telah mencapai 10% dari 45.000 sekolah khusus di Indonesia, menyerahkan langsung program i-CHAT ke 122 sekolah khusus di 17 kota, sementara modul untuk 400 sekolah khusus lainnya dengan cara dikirim.

Sumber : Annual Report PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)