Perilaku day trade di bursa saham

Day trade atau day trading

Day trade atau day trading adalah ketika anda membeli dan menjual saham tertentu di satu hari yang sama.

 

Investor sebaiknya tidak melakukan day trade. Ada beberapa alasan untuk tidak melakukan day trade :

  1. Anda berhadapan dengan fluktuasi kecil-kecilan yang sangat sulit untuk dianalisa dibanding dengan mengamati tren dalam beberapa hari.
  2. Anda tentu hanya akan melakukan day trade dengan sejumlah kecil dana dibandingkan dengan total kemampuan anda. Dampak keuntungan kalaupun anda bisa untung, secara prosentase tidak seberapa dibandingkan dengan total portofolio atau keseluruhan modal anda.
  3. Perilaku day trade akan membuat anda terpaku di depan layar monitor untuk mengawasi. Situasi ini menghabiskan energi yang terlalu besar, psikologi maupun phisik anda bisa terganggu setelah beberapa kali anda melakukan day trade. Kesehatan anda jauh lebih penting dari saham-saham itu.
  4. Perilaku day trade juga akan membuat anda lupa dengan investasi saham yang sesungguhnya. Anda cendrung berjudi di bursa. Untung besar atau bangkrut total. Percaya atau tidak, kemungkinan anda untung adalah satu berbanding tiga. Lebih kecil kemungkinan untungnya dibanding kemungkinan anda merugi

Ada pepatah yang perlu selalu anda ingat dalam investasi saham:

Roma tidak dibangun dalam satu hari

Kesalahan klasik : ingin kaya mendadak

Perilaku day trade merupakan satu kesalahan klasik yang umum dilakukan investor saham yaitu ingin kaya mendadak.

“Masalah dengan kepingin kaya secepat kilat tanpa parasut adalah kamu akan jatuh lebih cepat dan lebih jauh”. Demikian kata Ayah Kaya dalam Rich Dad’s: Guide to investing karangan Robert T Kiyosaki.

Rich Dad's Guide to Investing_What the Rich Invest in_That the Poor and Middle Class Do Not. Perilaku day trade di bursa saham

Para pendatang baru, yang diawal partisipasinya di bursa langsung mendapat untung mengira bahwa mereka jenius. Dalam situasi eforia bursa yang sedang tren naik ( Bullish ) memang mungkin saja seorang investor memilih saham secara asal-asalan dan mendapat untung. Mereka makin cepat menyambar saham ini, saham itu tanpa memperhatiakn lagi analisa fundamental saham dan grafik pergerakan harga saham. Mana yang ramai diperdagangkan, itulah yang dibeli. Saat situasi berbalik, mereka terlambat mengambil langkah dan akhirnya merugi.

Berharap terlalu banyak dan terlalu cepat tanpa adanya persiapan yang memadai, pehaman metoda, peningkatan ketrampilan teknis serta disiplin adalah langkah awal kejatuhan anda.

Tetapi, broker anda ( perusahaan sekuritas ) tempat anda membuka rekening saham akan senang jika anda melakukan day trade. Karena fee transaksi masuk terus 😀