Salah satu situs yang menyajikan data harga historis saham dalam kurun waktu yang cukup panjang adalah Yahoo Finance.  Data ditampilkan dalam bentuk tabel yang memuat tanggal, harga pembukaan, harga tertinggi, harga terendah, harga penutupan, dan volume.

Harga historis saham juga sudah otomatis disesuaikan oleh yahoo finance jika suatu saham melakukan stock split atau stock riverse.

Misalkan pada tanggal 1 April 2010 saham ABCD melakukan stock split dengan rasio 1:5 dan pada hari itu harga ditutup 20.000. Komponen harga (pembukaan, penutupan, tertinggi, terendah, penutupan) tanggal 1 April 2010 dan tanggal-tanggal sebelumnya  akan dibagi dengan 5, sedangkan volume akan dikalikan dengan 5.



style="display:inline-block;width:200px;height:90px"
data-ad-client="ca-pub-0771429917258082"
data-ad-slot="6393222516">

Stock reverse prinsipnya sama, hanya kebalikan dari stock split. Misal kalau stock reverse dengan rasio 5:1 maka komponen harga  (pembukaan, penutupan, tertinggi, terendah, penutupan) akan dikalikan 5 sedangkan volume akan dibagi 5.

Download harga historis saham

Langkah pertama   

Masukkan di browser anda alamat berikut :

http://finance.yahoo.com/q/hp?s=AALI.JK&a=04&b=5&c=2012&d=04&e=26&f=2012&g=d

Atau bisa klik melalui link ini : Historical prices – Yahoo Finance

Sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut

 

Langkah kedua

Pada bagian Get Historical price for, masukkan kode saham yang ingin anda tampilkan diakhiri dengan .JK

JK adalah identitas yang diberikan oleh yahoo finance untuk saham-saham di Indonesia dan untuk membedakannya dengan saham dari bursa lain jika ada kesamaan kode saham. JK sendiri maksudnya adalah JaKarta stock exchange ( bukan Jusuf Kalla loh :D ) yang sekarang sudah menjadi Indonesia stock exchange atau Bursa Efek Indonesia.

Pada contoh diatas, PT Astra Agro Lestari yang berkode saham AALI dimasukkan AALI.JK . Jika anda ingin menampilkan saham Bank Mandiri masukkan kode BMRI.JK. begitu seterusnya sesuai dengan kode saham yang ada di BEI dengan diakhiri .JK

Setelah anda masukkan kode saham, klik GO

Daftar kode saham perusahaan publik selengkapnya dapat anda lihat di :

Kode Saham Perusahaan Publik

Untuk mendownload IHSG dan indeks sektoral lainnya dapat dilihat artikel berikut :

Download Historis IHSG dan Indeks Sektoral

Langkah ketiga

Anda bisa mengatur periode waktu dari data yang ingin ditampilkan pada bagian Set Date Range. Anda juga bisa memilih apakah data yang akan ditampilkan adalah data harian, mingguan, bulanan pada bagian Daily, Weekly, Monthly.

Setelah anda sesuaikan data yang ingin anda tampilkan, klik Get Prices

Sekarang tabel sudah muncul dilayar. Anda bisa klik tombol First|Previous|Next|Last yang berada di kanan bawah untuk berpindah halaman jika data yang anda minta melebihi satu halaman.

Langkah keempat

Jika anda ingin men-download data yang anda inginkan tadi, anda dapat meng-klik Download to Spreadsheet yang berada di kiri bawah. Data akan ter-download dalam format Excel.

Jika anda kesulitan membuka file hasil download, anda bisa baca artikel berikut :

Membuka file text yang terlihat kacau dengan Microsoft Excel

Demikian cara men-download harga historis saham di Yahoo Finance.  Selamat mencoba…