Pasar Modal Indonesia

1. Pasar modal : Pengertian dan Definisi

Pasar modal sama seperti pasar pada umumnya, yaitu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Disini yang diperjualbelikan adalah modal berupa hak pemilikan perusahaan dan surat pernyataan hutang perusahaan. Pembeli modal adalah individu atau organisasi/lembaga yang bersedia menyisihkan kelebihan dananya untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan melalui pasar modal, sedangkan penjual modal adalah perusahaan yang memerlukan modal atau tambahan modal untuk keperluan usahanya.

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 52 Tahun 1976 tentang Pasar Modal menyebutkan bahwa Pasar Modal adalah Bursa Efek seperti yang dimaksud dalam UU No. 15 Tahun 1952 (Lembaran Negara Tahun 1952 Nomor 67). Menurut UU tersebut, bursa adalah gedung atau ruangan yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek, sedangkan surat berharga yang dikategorikan sebagai efek adalah saham, obligasi, serta surat bukti lainnya yang lazim dikenal sebagai efek.

Saat ini, pasar modal mengacu pada UU nomor 8 tahun 1995 tentang pasar modal.

Pada beberapa literatur terdapat bermacam-macam definisi pasar modal. Pada pembahasan ini, kita menggunakan definisi pasar modal sebagai berikut :

Pasar modal adalah pasar yang dikelola secara terorganisir dengan aktivitas perdagangan surat berharga, seperti saham, obligasi, option, warrant, right, dengan menggunakan jasa perantara, komisioner, dan underwriter.

Lihat juga –> Bagan struktur pasar modal

2. Jenis Pasar Modal

Dalam menjalankan fungsinya, pasar modal dibagi menjadi tiga macam, yaitu pasar perdana, pasar sekunder, dan bursa paralel.

2.1 Pasar Perdana (Initial Public Offering – IPO)

Pasar perdana adalah penjualan perdana efek atau penjualan efek oleh perusahaan yang menerbitkan efek sebelum efek tersebut dijual melalui bursa efek. Pada pasar perdana, efek dijual dengan harga emisi, sehingga perusahaan yang menerbitkan emisi hanya memperoleh dana dari penjualan tersebut.

2.2 Pasar sekunder

Pasar sekunder adalah penjualan efek setelah penjualan pada pasar perdana berakhir. Pada pasar sekunder ini harga efek ditentukan berdasarkan kurs efek tersebut. Naik turunnya kurs suatu efek ditentukan oleh daya tarik menarik antara permintaan dan penawaran efek tersebut. Bagi efek yang dapat memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di dalam bursa efek, sedangkan bagi efek yang tidak memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di luar bursa efek.

2.3 Bursa Paralel

Bursa paralel merupakan pelengkap bursa efek yang ada. Bagi perusahaan yang menerbitkan efek yang akan menjual efeknya melalui bursa dapat dilakukan melalui bursa paralel. Bursa paralel diselenggarakan oleh Persatuan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE).

3. Instrumen Pasar Modal

4. Lembaga yang Terkait dengan Pasar Modal

5. Jenis Efek yang terdaftar di Pasar Modal

6. Statistik Pasar Modal

7. Tugas dan Fungsi BAPEPAM-LK pindah ke OJK (UU nomor 21 tahun 2011)

8. Kamus Pasar Modal

9. Indonesian Capital Market Electronic Library (ICaMEL)

10. Sekolah Pasar Modal ( SPM )

  • zahrah akhmad

    pak saya sedang mengerjakan skripsi, membutuhkan data ICMD tahun terbaru (2014) bapak bisa bantu? sebab di pojok BEI kampus saya masih blm ada. terimakasih

  • atin fajar w

    pak edison, saya sedang menyelesaikan skripsi saya, saya membutuhkan data factbook tahun 2003- 2005, apa bapak bisa membantu. terimakasih

  • riko

    Pak, saya sedang mengerjakan skripsi. Ada gak ya website yang menyediakan informasi jumlah aset, liabilities, equity, net income, sales, dll.? Bukan srperti di yahoo finance yang harus kita klik satu” perusahaannya. Tapi misalnya kita klik informasi ttg jumlah aset, maka akan muncul nilai aset semua perusahaan. Ada gak ya pak? Mohon bantuannya pak ^^

  • gysela

    Pak edison saya mau tanya perusahaan apa sj yg terdaftar di JIIperiode 2009 – 2011

  • adi

    Pak edison saya mau bertanya mengenai saham tidur. Bagaimana menentukan kriteria saham tidur? Seandainya msh ada pergerakan sahamnya sedikit apkah itu msh di golongkan saham tidur?
    Terimakasih.

    • http://facebook.com/edisonsutankayo.IR Edison Sutan Kayo

      Saham tidur adalah saham yang hampir tiap hari tidak ada transaksi yang terjadi. Ini bisa disebabkan karena kepemilikan saham publik yang terlalu sedikit. Bisa juga karena faktor kinerja perusahaan yang terus memburuk sehingga tidak ada peminat untuk membelinya. Meski ada sedikit transaksi, masih bisa masuk kategori saham tidur jika volume transaksi yang terjadi sangat sedikit.

      • adi

        Terimakasih pak atas informasinya. 1 lagi pak volume transaksi itu di katakan sangat sedikit di rentang angka berapa ya pak?

        • http://facebook.com/edisonsutankayo.IR Edison Sutan Kayo

          Tidak ada patokan atau konsensus tentang hal ini. Tapi dengan transaksi yang tidak sampai 1 milyar rupiah dalam sehari bisa dianggap saham tidur.

  • Alfi

    Terima kasih atas informasi, saya harapkan mendapatkan info terbaru dari web ini setiap harinya

  • http://andisuriadi.blogspot.com andi

    mas saran saya, klo bisa situsnya di buat lebih ringan…,

    • http://facebook.com/edisonsutankayo.IR Edison Sutan Kayo

      Terima kasih atas sarannya. Bisa lebih spesifik mungkin yang ringan seperti apa?

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100003407123418 Sadia

    (untuk yg nomer 4) setiap baagin dari suatu konstruksi benda mempunyai peran penting. Bagian kayu dari pensil (baagin luar) sangat penting untuk menjaga kekokohan arang di dalamnya, bila kualitas kayu tak baik maka arang di dalam bisa rapuh dan mudah patah saat di raut. Bila arang saja tanpa bungkus kayu, maka memegangnya akan sangat tidak nyaman karena seluruh tangan bisa tercoreng. Jadi menurutku, tidak ada istilah baagin terpenting’ karena semuanya penting. Walau ada hal yg lebih penting lagi, yaitu bagaimana, untuk apa pensil itu digunakan.

  • tatiana

    pak edison saya mau tanya bagaimana mendapatkan nilai capital market dari saham yang terdaftar dan diklasifikasikan sebagai perusahaan manufaktur tahun 2010 dan 2009?
    mohon bantuannya pak..

    • http://facebook.com/edison.sutankayo Edison Sutan Kayo

      Kapitalisasi pasar berubah setiap hari karena tergantung harga penutupan (closing price). Untuk melihat harga penutupan anda bisa cari di Yahoo Finance (cara download harga saham di yahoo finance)atau bisa download Stock Summary dari BEI. Didalam stock summary tersebut ada closing prise ( Stk_clos )
      Kemudian anda cari jumlah saham beredar. Anda bisa lihat jumlah saham beredar di Foreign Available. Total saham beredar ada di Stk_list. Tinggal kalikan harga penutupan dengan total saham beredar maka akan ketemu Kapitalisasi Pasar untuk saham yang dimaksud pada tanggal tertentu.

    • http://facebook.com/edison.sutankayo Edison Sutan Kayo