Lembaga di Pasar Modal

Pasar Modal

Lembaga di Pasar Modal

Lembaga yang Terkait dengan Pasar Modal adalah :

1 Pengatur Pasar Modal ( Regulator )

Untuk menciptakan mekanisme pasar modal yang baik diperlukan suatu lembaga yang mengatur pasar modal tersebut. Pasar modal di Indonesia diatur oleh suatu lembaga pemerintah disebut Badan Pengawas Pasar Modal ( BAPEPAM ) atas nama Departemen Keuangan. Pasar modal yang ada di Indonesia dikelola oleh swasta, dan oleh pemerintah. Baca juga -> Fungsi dan Tugas BAPEPAM-LK pindah ke OJK

2 Bursa Efek Indonesia (BEI)

3 Pelaku dalam Pasar Modal

Perkembangan suatu pasar modal sangat bergantung dari aktivitas pelakunya dan aktivitas lembaga-lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan pasar modal tersebut.

3.1 Emiten

Emiten adalah perusahaan yang menjual pemilikannya kepada masyarakat ( go public ). Ada beberapa tujuan suatu perusahaan yang go public, yaitu :

  1. memperoleh tambahan dana yang digunakan dalam perluasan usaha
  2. mengubah/memperbaiki komposisi modal
  3. melakukan pengalihan pemegang saham.

Lihat juga –> Daftar Emiten

3.2 Investor ( pemodal )

Investor ( pemodal ) adalah badan atau perorangan yang membeli pemilikan suatu perusahaan go public. Dalam suatu perusahaan yang go public, investor pertama adalah pemegang saham pendiri. Sedangkan pemegang saham yang kedua adalah pemegang saham melalui pembelian saham pada penawaran umum di pasar modal.

  • Pemodal perorangan adalah orang atau individu yang atas namanya sendiri melakukan penanaman modal (investasi).
  • Pemodal badan (lembaga) adalah investasi yang dilakukan atas nama lembaga, seperti perusahaan, koperasi, yayasan, dana pensiun, dan lain-lain. Segala keuntungan dan risiko atas efek yang dibeli atas nama lembaga merupakan hak dan beban lembaga tersebut.

4 Lembaga penunjang

Sumber : BEI

  • http://pasarmodal.blog.gunadarma.ac.id/ Nurul Dini Indriyani

    Saya tertarik dengan tulisan anda diatas mengenai lembaga di pasar modal. Informasi diatas sangat membantu pemula dalam mempelajari pasar modal. Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai pasar modal. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pasar Modal yang bisa anda kunjungi di “http://pasarmodal.blog.gunadarma.ac.id/”