Beda real estate dengan property (fisik dan kepemilikan)

Pernahkan anda bertanya apa beda real estate dengan property? Apakah keduanya sama saja ataukah merupakan 2 hal yang berbeda? Secara umum jika anda mengajukan pertanyaan “apa beda real estate dengan properti” kepada seseorang, maka dia akan menjawab dengan gelagapan. Karena sepertinya pertanyaan yang mudah untuk dijawab, namun ternyata tidak. Pertanyaan yang membingungkan. 🙂

Menurut beberapa sumber seperti Wikipedia & Investopedia, kalimat :

Real estate and property maksudnya adalah

Real ( Estate and Property ) = Real estate and Real Property

Sehingga kalimat :

“Beda Real Estate dengan Property” yang lebih tepat adalah : Beda Real Estate dengan Real Property

1. Definisi real estate

Definisi real estate adalah tanah ditambah apa pun secara permanen tetap untuk itu, termasuk bangunan, gudang dan barang-barang lain yang melekat pada struktur. Meskipun, media sering mengacu pada “pasar real estate” dari perspektif hidup di perumahan, real estate dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori besar berdasarkan penggunaannya:

  • perumahan,
  • komersial dan
  • industri.

Contoh real estate termasuk tanah yang belum dikembangkan, rumah dan perumahan, kondominium, townhomes, gedung perkantoran, gedung-gedung bertingkat, toko ritel dan pabrik-pabrik.

2. Definisi real property

Definisi real property adalah setiap kepemilikan yang terpasang langsung ke tanah, serta tanah itu sendiri. Real properti tidak hanya mencakup bangunan dan struktur lainnya, tetapi juga hak-hak dan kepentingan. Real properti dapat berupa sewa atau perumahan.

3. Beda real estate dengan property

Beda real estate dengan properti terletak pada fisik dan kepemilikan. Real estate lebih mengacu kepada fisik ( tanah dan bangunan ), sedangkan Real property lebih mengacu kepada kepemilikan terhadap fisik ( tanah dan bangunan ).

Bisa dikatakan Real estate merupakan subset ( bagian ) dari Real property. Untuk lebih jelasnya, berikut diberikan gambaran dengan diagram Venn.

Beda-Real-Estate-dengan-Property

4. Contoh beda real estate dengan property

Pemilik tanah tanpa ada bangunan. Seseorang yang memiliki tanah tanpa ada bangunan diatasnya disebut sebagai orang yang memiliki real property.

Pemilik tanah yang memiliki bangunan diatasnya. Seseorang yang memiliki tanah yang ada bangunan diatasnya disebut sebagai orang yang memiliki real property.

Pemilik bangunan yang menyewa tanah. Seseorang yang menyewa tanah, kemudian membangun diatas tanah tersebut dinamakan memiliki real estate.

Pemilik apartemen. Seseorang yang memiliki apartemen disebut memiliki real estate dan dan bukan memiliki real property. Seorang pemilik real estate tidak punya kepemilikan atau hak akan tanah tempat apartemen itu dibangun.

5. Perusahaan Real Estate & Property

Perusahaan Real Estate & Property berarti perusahaan yang disamping memiliki kepemilikan juga melakukan penjualan ( pemasaran ) atas kepemilikannya. Pemasaran disini bisa mencakup menjual ataupun menyewakan.

Baca juga :

Daftar perusahaan sub sektor property & real estate di BEI

Saham vs Property :  4 pertanyaan ajaib


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.