Indeks Sri Kehati

Daftar Perusahaan Publik

Indeks Bursa

Indeks Sri Kehati

PT Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI), meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama Indeks SRI KEHATI. SRI adalah kependekan dari Sustainable and Responsible Investment. Indeks ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pedoman investasi bagi pemodal yaitu dengan membuat suatu benchmark indeks baru yang secara khusus memuat emiten yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Kriteria Pemilihan Saham Indeks SRI KEHATI

Indeks SRI KEHATI terdiri dari 25 saham yang dipilih berdasarkan kriteria sebagai berikut:

Seleksi Awal

Seleksi awal dilakukan untuk memilih saham yang berpotensi menjadi anggota indeks, yaitu dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria sebagai berikut:

1. Total Aset

Total aset yang mempresentasikan ukuran dari Emiten SRI, yakni emiten-emiten yang memiliki total aset di atas Rp1 triliun berdasarkan laporan keuangan auditan tahunan.

2. Price Earning Ration (PER)

PER emiten yang termasuk dalam kriteria ini adalah yang memiliki PER positif.

3. Free Float Ratio.

Free float atau kepemilikan saham publik harus lebih besar dari 10%

Fundamental

Dari seleksi awal tersebut diperoleh daftar nama emiten yang berpotensi masuk dalam anggota indek SRI KEHATI. Selanjutnya untuk memilih 25 saham yang terbaik, dilakukan pemeringkatan lebih lanjut dengan mempertimbangkan aspek fundamental yaitu dengan mempertimbangkan 6 faktor utama sebagai berikut:

  1. Environmental
  2. Community
  3. Corporate Governance
  4. Human Rights
  5. Business Behaviour
  6. Labour Practices & Decent Work

Dalam menentukan dan memilihan saham-saham yang masuk dalam kriteria fundamental ,Yayasan KEHATI menjalin kerja sama dengan independent data provider yaitu OWW-Consulting.

Evaluasi dan Penggantian Saham

Bursa Efek Indonesia dan Yayasan KEHATI secara rutin akan memantau komponen saham yang masuk dalam perhitungan indeks. Review dan pergantian saham yang masuk perhitungan indeks SRI-KEHATI dilakukan setiap 6 bulan yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Hari Dasar

Indeks SRI KEHATI diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2009, akan tetapi untuk mendapatkan data historikal, hari dasar yang digunakan untuk perhitungan indeks adalah tanggal 28 Desember 2006 dengan nilai indeks adalah 100

Daftar Perusahaan Publik

Indeks Bursa