Cara membeli saham online di Bursa Efek Indonesia

Investasi Saham

Perdagangan jual beli saham di BEI dilakukan secara otomatis melalui sistem jaringan komputer yang saling terhubung (trading saham online). Langkah-langkah cara membeli saham akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara membeli saham

Cara membeli saham Indonesia ( berinvestasi saham atau kadang ada yang menyebutnya cara bermain saham, menanam saham dan bisnis saham ) di bursa saham adalah dengan terlebih dahulu membuka sebuah rekening saham atas nama anda. Kalau anda membuka rekening tabungan, anda akan pergi ke Bank, sedangkan kalau anda membuka rekening saham anda akan pergi ke perusahaan sekuritas ( kadang disebut juga dengan sebutan pialang atau broker saham ). Teknis pembukaan rekening saham sangat mirip dengan pembukaan rekening tabungan.

 

Perusahaan sekuritas di Indonesia cukup banyak mencapai lebih dari seratus perusahaan. Ada yang dimiliki pemerintah (BUMN), ada yang dimiliki swasta nasional, ada yang dimiliki asing.

  • Yang milik BUMN adalah BNI Sekuritas (NI), Mandiri Sekuritas (CC), Danareksa Sekuritas (OD), Bahana Sekuritas (DX).
  • Yang merupakan milik swasta nasional diantaranya Sinarmas Sekuritas (DH), Trimegah Sekuritas (LG), Panin Sekuritas, Henanputi Rai Sekuritas (HP), Balbury Sekuritas (CP), Brent Sekuritas, Trust Sekuritas dan lain-lain.
  • Yang merupakan milik asing diantaranya Kim Eng Securities, CLSA Securities, JP Morgan Securities (BK), Merril Lynch Securities (ML), Phillips Securities, UBS Securities, BNP Paribas Securities (RX).

1. Buat rekening saham

Cara membeli saham diawali dengan membuka atau membuat rekening saham di salah satu perusahaan sekuritas (perusahaan pialang atau perusahaan broker saham). Beberapa sekuritas saat ini menawarkan investasi saham Indonesia dengan pembukaan rekening awal yang tidak terlalu besar yaitu minimal Rp 5 juta. Untuk lebih pasti tentang saldo awal minimal, anda bisa menghubungi salah satu perusahan sekuritas. Data-data yang diperlukan saat pembukaan rekening adalah:

  • Copy identitas
  • Data alamat tempat tinggal
  • Data usaha atau pekerjaan
  • Data ahli waris
  • Copy buku rekening tabungan
Formulir-Pembukaan-Rekening-Saham-Nasabah-Perorangan

Formulir-Pembukaan-Rekening-Saham-Nasabah-Perorangan

2. Pilih saham

Setelah anda membuka rekening saham dan sudah menyetor dana awal minimal yang disyaratkan oleh Perusahaan Sekuritas maka sewaktu-waktu anda sudah dapat untuk bertransaksi saham. Tahap selanjutnya adalah melakukan pemilihan saham-saham yang hendak anda beli sebelum anda benar-benar melakukan pembelian. Tujuannya adalah untuk membeli saham pemenang atau saham yang akan memberikan keuntungan besar buat investasi saham anda.

Dalam pemilihan saham (sebelum anda ingin membelinya) diperlukan analisa-analisa tentang kondisi perusahaan yang bersangkutan. Apakah perusahaannya sehat, berkembang, keuntungannya selalu meningkat dan sebagainya. Ini dikenal juga dengan analisa fundamental. Disamping itu, anda juga perlu menentukan timing dengan melihat grafik harga saham. Apakah akan dibeli sekarang, atau tunggu beberapa hari lagi. Ini disebut dengan analisa teknikal. Anda bisa melihat halaman Analisa saham untuk melihat contoh bagaimana menganalisa sebuah saham.

3. Beli saham

Sesudah anda lakukan sedikit riset tentang saham apa yang hendak anda beli, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian saham itu sendiri.

Trading Saham - Live Trade

Ada 2 ( dua ) cara membeli saham :

  1. Melalui broker ( pialang saham ).  Anda dapat memerintahkan order pembelian melalui broker anda ( tempat anda membuka rekening saham) baik itu secara langsung ( jika anda sedang berada di kantor broker anda ) atau melalui telpon.
  2. Memasukkan langsung order pembelian saham secara online menggunakan Trading Saham Online System atau Aplikasi Jual Beli Saham Online. Umumnya, broker atau pialang saham sudah memiliki dan menyediakan fasilitas online, supaya nasabahnya dapat memasukkan langsung order beli maupun order jual saham. Fasilitas ini berupa system software yang harus dipasang ( di install ) terlebih dahulu diperangkat anda. Perangkatnya bisa berupa komputer PC,  laptop atau notebook, tablet maupun smartphone ( android, blackberry, windows phone  dan lainnya ).

    Saham Online Trading - Order Buy

    Saham Online Trading – Order Buy

4. Jual Saham

Sesudah anda membeli saham, maka saatnya untuk menjual saham. Anda tentunya harus memantau pergerakan harga saham dari saham-saham yang sudah anda beli. Jika harga saham sudah lebih tinggi dari harga beli, anda boleh saja menjual saham tersebut untuk medapatkan keuntungan. Istilah dibursanya Take Profit atau Profit Taking. Anda bahkan bisa langsung menjual saham yang baru saja anda beli jika saham langsung bergerak. Ini disebut dengan day trade atau day trading saham. 

Langkah-langkah atau cara menjual saham mirip dengan langkah-langkah atau cara membeli saham seperti penjelasan nomor 3 diatas. Uang hasil penjualan saham anda akan otomatis ditransfer ke rekening saham anda.

Demikian cara membeli saham Indonesia. Silahkan hubungi kantor pialang saham terdekat di kota anda. Selamat memulai investasi saham.

Baca juga : 

38 Replies to “Cara membeli saham online di Bursa Efek Indonesia”

  1. Didik Junaidi

    Informasinya bagus sekali dan sangat membantu bagi saya yang tidak tau sama sekali tentang saham dan akan belajar tentang apa itu saham.Terimakasih atas penjelasanya!

    Reply
  2. Deka Rianto

    mas apa pebedaan dari keuntungan dalm menjual saham sehari dgn sebulan??
    dan yg di investasikan bisa rugi kita mas??

    Reply
  3. maruf bantilan

    mas Edison Sutan Kayo, permisi mas,, ni saya sangat awam dengan saham…. hehehe, mau tanya, selepas kita beli saham… trus di apakan lagi ttuuh… apakah ada yang harus kita kerjakan lagi ???,,, ato tinggal menunggu saja

    Reply
  4. ratno radno

    Tks artikelnya bagus. Sy mulai melek investasi saham. Stlh kmrn reksadana sy rencana mau invest saham jg,tp msh bingung. Dengan membaca artikel ini sy mulai paham.
    Yang sy pahami, setelah setor 1 jt sebagai saldo awal, kita bisa menambah saldo berapapun nominalnya ketika akan melakukan pembelian saham. Apakah demikian? Mhn penjelasannya pak. Tks

    Reply
  5. Sugi Heru

    Artikelnya sangat jelas dan memberikan wawasan lengkap buat saya. Ada link-link yang untuk belajar lanjutan. Terimakasih semoga atas amal berbagi ilmunya di balas yang kuasa dengan kebahagiaan dan rahmad Nya. Amin

    Reply
  6. Farhan Abbas

    Wah terima kasih banyak artikelnya mas. Saya sudah tanya ke cs Bank Mandiri tapi dia gak tahu tentang informasi rekening minimal untuk buka rekening sekuritas di bank tersebut dan saya bisa langsung ke lantai 3 di gedung untuk bertemu dengan yang mengurus langsung perihal sekuritas ini. Saya rasa memang benar sekitar 5 juta termasuk Mandiri sekuritas, tapi di BNI sekuritas cuma 1 juta ya, sudah saya cek di websitenya. Saya memang sudah punya modal yang cukup untuk latihan investasi termasuk saham sejak awal tahun ini terutama pas emas naik signifikan di beberapa bulan awal 2016. Saya rasa memang dengan pemilihan waktu yang tepat, kita bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Saya sudah keker-keker juga broker saham, salah satunya Fibo Group. Kira-kita apa ya keuntungan dan kerugian dari swasta dan negeri? kalau Mandiri dan BNI pastilah dijaga modalnya sama pemerintah bukan? Sedangkan di swasta saya yakin lebih banyak keunggulan teknis dan profesionalitas terutama bagi broker yang berpengalaman.

    Reply
  7. Don Ps

    DANA TUNAI DGN JAMINAN BPKB KENDARAAN
    BERLAKU UTK SELURUH INDONESIA (krn kantor cab ada di seluruh indonesia)
    FINANCE TERPERCAYA
    HUB : 0812 3708 3993 / 0878 8700 7881

    Reply
  8. Sugeng

    Saya mengharapkan adanya figur arus pembelian, tapi ini sudah informatif. Tolong dong jelaskan struktur pasar modal di Indonesia, siapa membawahi siapa, soalnya sumber dari idx cuma kaya tingkatan jajaran gitu. Thanks.

    Reply
  9. q d

    INVESTASI
    AMAN DENGAN KEUNTUNGAN GANDA . Mohon ijin . jual kebun jati 1000 pohon
    dengan tanaman sela tanaman nanas madu 20.000 tanaman. luas 15.000 m2.
    SHM . bebas kelola bebas perawatan . di banten pandeglang.dekat pusat wisata Tanjung lesung. lingkunan
    aman tenang . harga hanya 30.000/m. hasil rutin mulai tahun ke 2 hub
    0818228663-08161112477-0811727889 ( kuncoro)

    Reply
  10. Ridho Nrh

    Maaf mas,mau bertanya nih?Umpamanya saya beli saham hari ini…kemudian harga saham menurun selama 1 tahun lebih…dan tiba-tiba naik disaat tertentu.
    Pertanyaannya
    1. Apakah saya akan mengalami kerugian financial selain waktu yang dibutuhkan
    menunggu saham tersebut naik.ataukah ada biaya yang dibebankan kepada
    para investor ketika saham mengalamai penurunan.
    2. Apakah saldo rekening tidak akan pernah brkurang selain karna pembelian saham
    ,ada / tidak ada potongan bunga bulanan seperti di bank pada umumnya jika tidak
    ada tambahan saldo perbulannya.
    3. Apakah seorang investor,aman dari biaya apapun dan hanya rugi ketika ia mem
    membeli dengan harga tertentu lalu tidak bisa menjual karna saham menurun.
    dan hanya untung jika ia beli saham,lalu saat berikutnya saham naik dan ia
    investor menjualnya?
    Terima kasih !!!

    Reply
  11. Oki Erie Rinaldi

    dalam jangka waktu berapa lama keuntungan bisa didapat?
    apakah hanya per periode tertentu (misal:tahunan)?
    lalu apakah saham yang telah dibeli bisa dijual kapan saja? jika dijual apakah akan langsung laku/terjual?
    tolong beri saya referensinya ya! 🙂
    terima kasih

    Reply
  12. andopo

    pak gimana cara mendaftar nya trading saham dan saya sudah ada rekening BNI…? tolong pak gimana cara nya..?

    Reply
  13. Rikosiwi Saputro

    ingin belajar tips trading dan investasi saham yang paling lengkap, silahkan bookmark blog saya anda akan mendapatkan info dan tips investasi saham paling lengkap “http://www.tradingshm.blogspot.com/”

    Reply
  14. yosa

    Pak edison tolong dibantu ilustasi garis besarny saja,,,
    Apabila saya menginvest 20 jt,,,brapa deviden yg saya peroleh kira2 diksei
    Tq

    Reply
    • Edison Sutan Kayo Post author

      Besarnya dividen yang akan anda terima tergantung dari saham apa yang anda beli.
      Masing-masing perusahaan ( saham ) memiliki policy sendiri-sendiri terhadap besaran dividen yang akan dibayarkan.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.