Cara membeli saham online di Bursa

Investasi Saham

Perdagangan jual beli saham di BEI dilakukan secara otomatis melalui sistem jaringan komputer yang saling terhubung (trading saham online). Langkah-langkah cara membeli saham akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara membeli saham

Cara membeli saham Indonesia ( berinvestasi saham atau kadang ada yang menyebutnya cara bermain saham, menanam saham dan bisnis saham ) di bursa saham adalah dengan terlebih dahulu membuka sebuah rekening saham atas nama anda. Kalau anda membuka rekening tabungan, anda akan pergi ke Bank, sedangkan kalau anda membuka rekening saham anda akan pergi ke perusahaan sekuritas ( kadang disebut juga dengan sebutan pialang atau broker saham ). Teknis pembukaan rekening saham sangat mirip dengan pembukaan rekening tabungan.

 

Perusahaan sekuritas di Indonesia cukup banyak mencapai lebih dari seratus perusahaan. Ada yang dimiliki pemerintah (BUMN), ada yang dimiliki swasta nasional, ada yang dimiliki asing.

  • Yang milik BUMN adalah BNI Sekuritas (NI), Mandiri Sekuritas (CC), Danareksa Sekuritas (OD), Bahana Sekuritas (DX).
  • Yang merupakan milik swasta nasional diantaranya Sinarmas Sekuritas (DH), Trimegah Sekuritas (LG), Panin Sekuritas, Henanputi Rai Sekuritas (HP), Balbury Sekuritas (CP), Brent Sekuritas, Trust Sekuritas dan lain-lain.
  • Yang merupakan milik asing diantaranya Kim Eng Securities, CLSA Securities, JP Morgan Securities (BK), Merril Lynch Securities (ML), Phillips Securities, UBS Securities, BNP Paribas Securities (RX).




1. Buat rekening saham

Cara membeli saham diawali dengan membuka atau membuat rekening saham di salah satu perusahaan sekuritas (perusahaan pialang atau perusahaan broker saham). Beberapa sekuritas saat ini menawarkan investasi saham Indonesia dengan pembukaan rekening awal yang tidak terlalu besar yaitu minimal Rp 5 juta. Untuk lebih pasti tentang saldo awal minimal, anda bisa menghubungi salah satu perusahan sekuritas. Data-data yang diperlukan saat pembukaan rekening adalah:

  • Copy identitas
  • Data alamat tempat tinggal
  • Data usaha atau pekerjaan
  • Data ahli waris
  • Copy buku rekening tabungan
Formulir-Pembukaan-Rekening-Saham-Nasabah-Perorangan

Formulir-Pembukaan-Rekening-Saham-Nasabah-Perorangan

2. Pilih saham

Setelah anda membuka rekening saham dan sudah menyetor dana awal minimal yang disyaratkan oleh Perusahaan Sekuritas maka sewaktu-waktu anda sudah dapat untuk bertransaksi saham. Tahap selanjutnya adalah melakukan pemilihan saham-saham yang hendak anda beli sebelum anda benar-benar melakukan pembelian. Tujuannya adalah untuk membeli saham pemenang atau saham yang akan memberikan keuntungan besar buat investasi saham anda.

Dalam pemilihan saham (sebelum anda ingin membelinya) diperlukan analisa-analisa tentang kondisi perusahaan yang bersangkutan. Apakah perusahaannya sehat, berkembang, keuntungannya selalu meningkat dan sebagainya. Ini dikenal juga dengan analisa fundamental. Disamping itu, anda juga perlu menentukan timing dengan melihat grafik harga saham. Apakah akan dibeli sekarang, atau tunggu beberapa hari lagi. Ini disebut dengan analisa teknikal. Anda bisa melihat halaman Analisa saham untuk melihat contoh bagaimana menganalisa sebuah saham.

3. Beli saham

Sesudah anda lakukan sedikit riset tentang saham apa yang hendak anda beli, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian saham itu sendiri.

Trading Saham - Live Trade

Ada 2 ( dua ) cara membeli saham :

  1. Melalui broker ( pialang saham ).  Anda dapat memerintahkan order pembelian melalui broker anda ( tempat anda membuka rekening saham) baik itu secara langsung ( jika anda sedang berada di kantor broker anda ) atau melalui telpon.
  2. Memasukkan langsung order pembelian saham secara online menggunakan Trading Saham Online System atau Aplikasi Jual Beli Saham Online. Umumnya, broker atau pialang saham sudah memiliki dan menyediakan fasilitas online, supaya nasabahnya dapat memasukkan langsung order beli maupun order jual saham. Fasilitas ini berupa system software yang harus dipasang ( di install ) terlebih dahulu diperangkat anda. Perangkatnya bisa berupa komputer PC,  laptop atau notebook, tablet maupun smartphone ( android, blackberry, windows phone  dan lainnya ).
    Saham Online Trading - Order Buy

    Saham Online Trading – Order Buy

4. Jual Saham

Sesudah anda membeli saham, maka saatnya untuk menjual saham. Anda tentunya harus memantau pergerakan harga saham dari saham-saham yang sudah anda beli. Jika harga saham sudah lebih tinggi dari harga beli, anda boleh saja menjual saham tersebut untuk medapatkan keuntungan. Istilah dibursanya Take Profit atau Profit Taking. Anda bahkan bisa langsung menjual saham yang baru saja anda beli jika saham langsung bergerak. Ini disebut dengan day trade atau day trading saham. 

Langkah-langkah atau cara menjual saham mirip dengan langkah-langkah atau cara membeli saham seperti penjelasan nomor 3 diatas. Uang hasil penjualan saham anda akan otomatis ditransfer ke rekening saham anda.

Demikian cara membeli saham Indonesia. Silahkan hubungi kantor pialang saham terdekat di kota anda. Selamat memulai investasi saham.

Baca juga :