7 Contoh Perusahaan Terbuka Terkemuka di Indonesia

GkInvest

Perusahaan terbuka terkadang juga disingkat perusahaan tbk. adalah perusahaan yang go public. Maksudnya go public adalah perusahaan tersebut menjual sahamnya ke publik, tidak hanya dimiliki oleh beberapa gelintir orang. Berikut contoh perusahaan terbuka terkemuka di Indoensia

Contoh Perusahaan Terbuka di Indonesia

1. Bank BRI

Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu perusahaan terbuka yang bergerak di sektor bank. Perusahaan Bank BRI resmi menjadi perusahaan terbuka setelah go public di Bursa Efek sejak 10 Nopember 2003. Pemilik saham mayoritas adalah Pemerintah Republik Indonesia dengan kepemilikan diatas 50%.

2. Astra International

Astra International merupakan perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Mulai dari produksi mobil, sepeda motor, suku cadang dan termasuk memiliki anak perusahaan di sektor finansial. Astra International resmi menjadi perusahaan terbuka setelah go public pada 4 April 1990.

3. Gudang Garam

Gudang Garam termasuk salah satu perusahaan rokok terbesar di Indoensia. Perusahaan yang bermarkas di Kediri, Jawa Timur ini resmi menjadi perusahaan terbuka sejak 27 Agustus 1990

4. Semen Indonesia

Semen Indonesia ( sebelumnya bernama Semen Gresik ) merupakan perusahan semen terbesar di Indonesia. Memiliki beberapa anak perusahaan yang juga bergerah di sektor semen seperti Semen Padang. Semen Indonesia resmi menjadi perusahaan terbuka sejak 8 Juli 1991. Pemilik mayoritas adalah Pemerintah Republik Indonesia yang menguasai lebih dari 50% saham.

5. Unilever

Unilever merupakan contoh perusahaan terbuka yang bergerak dibidang consumer goods terbesar di Indonesia Memproduksi makanan, minuman, keperluan rumah tangga dan barang kosmetik. Perusahaan yang bermarkas di Surabaya ini resmi menjadi perusahaan terbuka sejak 11 Januari 1982.

6. Kalbe Farma

Kalbe Farma merupakan contoh perusahaan terbuka yang bergerak di sektor farmasi dan asupan makanan. Kalbe Farma resmi menjadi perusahaan terbuka setelah go public pada 30 Juli 1991. Kalber Farma terkenal dengan produknya seperti Nutrilon, PediaSure, Sustagen, Bebelac, Frisian Flag dan bayak lagi yang lainnya.

7. Telekomunikasi Indonesia

Telekomunikasi Indonesia atau lebih dikenal dengan singkatan Telkom merupakan contoh perusahaan terbuka yang bergerak di sektor telekomunikasi. Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Resmi menjadi perusahaan terbuka sejak go public pada 14 Nopember 1995. Perusahaan Telkom secara mayoritas dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan kepemilikan diatas 50%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.