CSR – Astra Agro Lestari Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – Astra Agro Lestari Tbk

PT Astra Agro Lestari Tbk merupakan salah satu perusahaan publik sub sektor perkebunan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham AALI.   Program-program yang dijalankan dalam proyek CSR Perseroan ini diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat yang ditentukan berdasarkan kebutuhan (need), bukan keinginan (wants) masyarakat setempat.

Perseroan harus mampu menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama warga yang tinggal di sekitar areal perkebunan. Pada saat yang sama, Perseroan dituntut menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang berkelanjutan untuk menjamin kelestarian lingkungan hidup. Seluruh program kemitraan dengan masyarakat dan penerapan prinsip-prinsip yang ramah lingkungan ini dijalankan melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Program-program yang dijalankan sepanjang tahun 2011 merupakan kelanjutan dari program yang sudah berjalan sebelumnya. Beberapa perbaikan dan pengembangan program dilaksanakan untuk membantu masyarakat mendapatkan manfaat yang optimal. Program-program CSR Perseroan dilakukan melalui empat program utama yakni program ekonomi, program pendidikan, program kesehatan dan program lingkungan.

A. Program Ekonomi

A.1 Program lncome Generating Activities (lGA)

A.2 Lembaga Keuangan Mikro (LKM)

Perseroan telah mendirikan dua unit Lembaga Keuangan Mikro /LKM (Micro Finance Institttion) di Sulawesi Barat, LKM Mitra Surya Sejahtera di desa Sarudu kecamatan Sarudu kabupaten Mamuju Utara dan LKM Benteng Kayu Mangiwang di desa Polohu kecamatan Budong-budong kabupaten Mamuju.

LKM merupakan wadah untuk pemupukan modal komunitas petani kelapa sawit yang dibina oleh Perseroan. Jika pada masa sekarang para petani plasma diharapkan menabung untuk disalurkan sebagai pinjaman kepada petani peserta program IGA yang tengah merintis usaha maka pada gilirannya nanti petani peserta program IGA akan membantu petani plasma, yaitu pada saat peremajaan tanaman (replanting) kelapa sawit kebun plasma. LKM berperan membangkitkan semangat menabung di kalangan masyarakat sekaligus mendorong masyarakat untuk lebih produktif.

B. Program Pendidikan

B1. Pengembangan & pengoperasian SD & SMP

B2. Beasiswa

Selama tahun 2011 Perseroan telah memberikan beasiswa kepada 1.087 siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMU. Perseroan menyediakan beasiswa dengan beragam jenis. Beasiswa untuk kalangan eksternal disalurkan untuk kalangan SMP dan SMU serta Perguruan Tinggi (khusus beasiswa Perguruan Tinggi dengan ikatan dinas). Bagi kalangan internal, Perseroan menyediakan beasiswa untuk pelajar SMU dan beasiswa Anumerta khusus untuk membantu pendidikan anak-anak dari karyawan yang meninggal dunia dalam masa tugas, meliputi biaya pendidikan untuk jenjang SD, SMP dan SMU, hingga Perguruan Tinggi dengan ikatan dinas.

B3. Beasiswa lkatan Dinas

Pada tahun 2011 Perseroan kembali melaksanakan Program Beasiswa Ikatan Dinas dengan memberikan kesempatan kepada 10 lulusan SMU belajar pada Program Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur dengan Konsentrasi Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) di Politeknik Manufaktur Astra yang memfokuskan diri pada pengelolaan, perawatan dan pengendalian pabrik pengolahan kelapa sawit. Hingga tahun 2011 program Beasiswa Ikatan Dinas ini telah diikuti oleh 50 peserta. Pada tahun ini sebanyak 13 peserta dari Angkatan I telah menyelesaikan studi dan mulai mengikuti ikatan dinas di pabrik kelapa sawit milik Perseroan.

B4. Program Sokola Halom

C. Program Kesehatan

Perseroan mengambil inisiatif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui Program Revitalisasi Posyandu yang dimulai pada bulan Maret 2011. Melalui program ini telah direvitalisasi sebanyak 376 Posyandu di 243 desa di sekitar perkebunan milik Perseroan. Perseroan memfasilitasi pelatihan untuk 2.141 orang kader Posyandu.

Sepanjang tahun 2011 Posyandu yang telah direvitalisasi mampu melayani sebanyak 34.573 jiwa dengan pemberian vitamin, makanan tambahan, imunisasi, penimbangan balita rutin perbulan, keluarga berencana, pengobatan ringan serta penyuluhan kesehatan lingkungan.

D. Progam Lingkungan

Sebagai perusahaan yang mengelola perkebunan kelapa sawit, Perseroan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengelolaan lingkungan. Berbagai program dijalankan untuk menjaga dan merawat kelestarian lingkungan hidup agar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat luas pada umumnya dan kelangsungan bisnis Perseroan pada khususnya. Beberapa program utama yang dijalankan Perseroan antara lain Program Konservasi Keanekaragaman Hayati, Program Astra Green Company, Program Cleaner Prodtction dan Program Evaluasi Kinerja Lingkungan. Empat program terkait lingkungan hidup ini tidak lepas dari cita-cita Astra menjalankan green business.

D1. Program Konservasi Keanekaragaman Hayati

D2. Program Astra Green Company

D3. Program Cleaner Production

D4. Program Evaluasi Kinerja Lingkungan

Sumber : Annual Report PT Astra Agro Lestari Tbk tahun 2011

CSR (Coorporate Social Responsibility)