CSR – Program Cleaner Production

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

Program Cleaner Production

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk. dibidang pengelolaan lingkungan hidup.

Program cleaner production dilakukan dengan pemanfaatan limbah-limbah yang dihasilkan yaitu limbah padat non B3 yang berupa tandan kosong, cangkang kernel, fiber dan limbah cair. Tandan kosong dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman kelapa sawit dengan cara diaplikasikan ke lahan sebagai mulsa. Limbah padat serabut dan cangkang yang dihasilkan dari pemrosesan kelapa sawit digunakan sebagai bahan bakar di pabrik kelapa sawit milik Perseroan.  Limbah cair yang dihasilkan dari pabrik juga dimanfaatkan sebagai pupuk organik dengan diaplikasikan ke lahan kebun dengan sistem flatebad atau furrow.

Di beberapa anak Perusahaan yaitu PT Suryaindah Nusantarapagi (Kalimantan Tengah), PT Kimia Tirta Utama (Riau) dan PT Karyanusa Ekadaya (Kalimantan Timur) telah dilakukan program composting yaitu tankos dan limbah padat lainnya dicampur dengan limbah cair kemudian diolah dengan cara organik untuk menghasilkan pupuk kompos. Program ini dapat menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan diantaranya dapat mengurangi volume limbah cair anaerobic sehingga mengurangi potensi gas metan yang terbuang ke media lingkungan yang dianggap sebagai salah satu penyumbang dan pemicu pemanasan global.

Sumber : Annual Report PT Astra Agro Lestari Tbk tahun 2011

CSR – PT Astra Agro Lestari Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)