CSR – Layanan umum

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Layanan Umum

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dibidang pembangunan sarana & prasarana masyarakat.

Berbagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang sarana dan prasarana telekomunikasi. Kegiatan yang dilakukan mencakup: Program INSAN, Program Broadband Learning Center (“BLC”) dan taman digital. Selain itu, juga terdapat kegiatan lain seperti “Mudik Asyik” dan bantuan pembangunan sarana umum.

Internet Sehat dan Aman (“INSAN”)

INSAN adalah program nasional yang digerakan oleh tim sosialisasi INSAN serta ditujukan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman ke berbagai kalangan. Melalui program ini diharapkan penggunaan internet dapat memberi manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat. Adapun tim sosialisasi INSAN diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat, dan terbuka untuk partisipasi berbagai pihak yang peduli terhadap penggunaan internet sehat dan aman.

Sebagai BUMN yang menyediakan akses internet terbesar dan terluas di Indonesia, Telkom berkewajiban mensosialisasikan penggunaan internet untuk kegiatankegiatan positif dan produktif. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa selain membawa manfaat bagi pemakainya, internet juga bisa menjadi pintu masuk informasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai norma dan budaya Indonesia, hukum dan agama.

Untuk mencegah dampak negatif dari informasi seperti diatas, Telkom meluncurkan domain name system (“DNS”) Nawala yang merupakan sistem penyaring dalam penggunaan internet di Indonesia. DNS Nawala adalah program non-komersil Telkom bekerjasama dengan Asosiasi Warnet Indonesia (“Awari”). Secara spesifik, DNS Nawala akan mengurangi konten-konten negatif yang tidak sesuai peraturan perundangan, nilai agama, norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia, seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, DNS Nawala juga akan memblokir situs internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

DNS Nawala dapat digunakan secara gratis oleh pengguna internet di seluruh Indonesia. Perlindungan pengguna internet terutama anak-anak, menjadi perhatian utama Telkom dalam penyediaan DNS Nawala. Dengan adanya program ini maka diharapkan internet dapat menjadi tempat yang lebih aman dan nyaman sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mempercepat kemajuan serta kesejahteraan bangsa.

Broadband Learning Center (“BLC”)

Kegiatan lain yang dijalankan dan berhubungan dengan perluasan akses masyarakat untuk menjangkau fasilitas TIME yang dikelola Telkom adalah pemberian bantuan membangun akses internet. Sasaran utamanya adalah jajaran pemerintahan daerah (pemda) dengan memberikan bantuan peralatan komputer yang dilengkapi fasilitas Wi-Fi. Peran BLC saat ini :

  1. Sebagai tempat pelatihan mengenai dasar-dasar internet,
  2. Mencerdaskan serta mendidik masyarakat melalui pelatihan internet.
  3. Mendidik para pengusaha UKM, khususnya yang menjadi mitra binaan Telkom, dengan memberikan pelatihan cara membuat blog untuk memasarkan produk-produknya melalui internet secara online.

Mudik Asik

Program Mudik Asik dilaksanakan dengan dua tujuan: sebagai apresiasi kepada pelanggan dan mitra kerja, serta dukungan terhadap imbauan pemerintah agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Tujuan mudik yang dilayani meliputi kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta beberapa kota di Sumatera. Peserta terdiri dari para dari sales force, gerai lepas/gerai pinggir jalan, petugas warung Telkom dan warung internet, front liner TelkomVision dan Infomedia, serta front liner Plasa Telkom.

Dalam pelaksanaan tahun 2011 peserta “Mudik Asik” mencapai 8.100 orang dengan menggunakan 40 unit bus dari Jakarta dan 20 unit bus dari Surabaya. Selain memperoleh fasilitas mudik gratis menggunakan bus berpendingin udara, peserta juga mendapatkan paket tas berisi kaos, topi, kartu isi ulang Flexi, payung, kipas serta minuman dan makanan ringan. Melalui program ini, Kami ingin memanjakan pelanggan dan mitra kerja untuk pulang ke kampung halaman secara aman dan nyaman.

Posko Telkom Peduli dan Telkom Group 2011

Kepedulian kepada para pemudik lebaran juga Kami tunjukkan dengan mendirikan Posko Telkom Peduli dan Posko Telkom Group 2011. Posko-posko berada di jalur-jalur padat pemudik maupun di lokasilokasi strategis seperti bandara, terminal, stasiun, pelabuhan dan tempat-tempat wisata. Kami mendirikan 6 Posko Telkom dan 4 Posko Telkom Group. Selain itu, secara mandiri Telkomsel juga menyelenggarakan 803 Posko Telkomsel Siaga di seluruh Indonesia. Lokasi “POSKO Telkom Peduli dan Telkom Group 2011” antara lain di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Rest Area Km 57 Jalan Toll Cikampek, Masjid Baitul Amanah Rajapolah, Masjid Darusallam Indramayu, Kampung Kopi Banaran, Masjid Fairus Batang, SPBU Margasana Purwokerto, RM Duta 1 Madiun dan Pantai Pasir Putih Situbondo.

Bantuan Pembangunan Sarana Umum

Bantuan diberikan dalam bentuk partisipasi pada berbagai kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana, yang digunakan masyarakat luas. Pembangunan dapat dilakukan atas inisiatif pemerintah daerah maupun organisasi nirlaba yang bekerja sama dengan Telkom. Selama tahun 2011, Kami telah menyalurkan bantuan dalam skema Bina Lingkungan senilai Rp44,9 miliar. Dana tersebut digunakan untuk berbagai pembangunan sarana publik meliputi: BUMN Peduli, Bencana Alam, Pendidikan/ Pelatihan, Kesehatan Masyarakat, Sarana Umum, Sarana Ibadah dan Pelestarian Alam.

Sumber : Annual Report PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)