CSR – Efisiensi Energi BTS

CSR (Coorporate Social Responsibility)

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Efisiensi Energi BTS

CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dibidang pelestarian lingkungan.

Penghematan energi yang signifikan juga datang dari penggunaan BTS di luar gedung pada semua lokasi BTS Telkom Flexi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan dan Kawasan Indonesia Timur. BTS di luar gedung berukuran lebih kecil dari BTS di dalam gedung dan tidak membutuhkan gardu dan pendingin. Dalam kurun waktu satu tahun, Kami telah menghemat energi dari berkurangnya keperluan pendinginan tersebut hingga 90% atau 3.291,3 KVA.

Sementara itu, BTS dalam gedung masih Kami gunakan di sebagian besar wilayah Sumatera dan Jawa Tengah. Untuk melakukan penghematan energi di BTS dalam gedung, Kami menggunakan transformer baru yang lebih hemat energi sehingga berhasil menekan biaya dari sebelumnya Rp5-7 juta per bulan menjadi Rp500.000-Rp600.000 saja per bulan. Kedua bentuk investasi tersebut telah menghasilkan penghematan energi luar biasa dan akan Kami terapkan pada seluruh sisa BTS lainnya.

Sumber : Annual Report PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011

CSR – PT  Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

CSR (Coorporate Social Responsibility)