Bagan struktur pasar modal Indonesia

Bagan struktur pasar modal Indonesia

Berikut bagan struktur pasar modal Indonesia yang lama dan yang baru. Bagan yang lama melibatkan BAPEPAM-LK ( Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan ). Pada bagan yang baru, fungsi dan tugas BAPEPAM-LK sudah diambil alih oleh OJK ( Otoritas Jasa Keuangan )

( Klik gambar untuk memperbesar )

Bagan Struktur Pasar Modal Indonesia

Bagan Struktur Pasar Modal Indonesia ( Lama )

 

Bagan Struktur Pasar Modal Indonesia

Bagan Struktur Pasar Modal Indonesia ( Baru )

Sumber : Bursa Efek Indonesia (BEI)

Pasar modal ( capital market ) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Baik surat utang ( obligasi ), ekuiti ( saham ), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain ( misalnya pemerintah ), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang ( jangka waktu lebih dari 1 tahun ) seperti saham, obligasi, waran, right, reksa dana, dan berbagai instrumen derivatif seperti option, futures, dan lain-lain. Undang-Undang Pasar Modal ( UU No. 8 tahun 1995 ) mendefinisikan pasar modal sebagai “kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek”.

Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal ( investor ). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, kedua pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument.

15 Replies to “Bagan struktur pasar modal Indonesia”

  1. Rajendra

    Selamat siang bapak Edison Sutan Kayo, Saya Rajendra Mahasiswa FEB UNDIP. ingin mengetahui informasi terkini mengenai seberapa jumlah kepemilikan saham asing dan domestik di Pasar Modal Indonesia.

    Reply
  2. maria ulfa

    pak saya mw nanya bank devisa yang listed di BEI tahun 2009-2011 itu ada berapa dan apa ajah yawh?
    terima kasih

    Reply
  3. tatiana

    mas kalau mau minta data harga closing saham perusahaan manufaktur tahun 2010 dan 2009 beserta saham yg outstandibgnya untuk mengetahui capital marketnya dimana yah mas? apakah punya datanya?
    terima kasih dan mohon bantuannya.

    Reply
  4. marlina

    KALO MAU CARI DATA RASIO DIVIDEN YIELD, PAYOUT RATIO, EPS,PER,PBV,ROE KHUSUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YG DI BEI TAHUN 2011 YG LGKP ADA NGGAK?? KALO BELI GITU ICMD KIRA2 BRP??

    Reply
  5. marlina

    kalo pemegang saham yg blkgnya ada bv,pte,ltd,lte itu termsuk perushaan asing nggak y? utk data laporn keuangan yg ada rasio des 2011 sdh ada blm?? q cek d web bnyk yg blm..kalo icmdnya ada nggk bos khusus perushaaan mnaufaktur??

    Reply
  6. marlina

    bos mau tau gmn crnya bedain perusahaan manufaktur yang punya asing dan domestik?? tlong dbls y by email.tq

    Reply
    • Edison Sutan Kayo Post author

      Mesti lihat profil masing-masing emiten di Website BEI. Kalau kepemilikan asing diatas 50% bisa dikatakan perusahaan yang bersangkutan milik asing (PMA).
      Atau bisa juga dengan men-download LAPORAN KEUANGAN (bisa juga ANNUAL REPORT) dari masing-masing perusahaan manufaktur. Dalam LAPAORAN KEUANGAN yang diaudit dicantumkan komposisi kepemilikan saham termutakhir.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.