Saham vs property – 4 pertanyaan ajaib

Saat membandingkan antara investasi saham vs property, hasilnya mungkin akan bertentangan dengan perkiraan banyak orang. Apa yang sepertinya diajarkan oleh orang tua, kerabat, sekolah. media massa, dan “para ahli”, menemukan sebuah bahkan banyak properti dengan harga yang sangat murah secara berturut-turut mungkin saja terjadi. Membeli properti menggunakan sebagian besar atau bahkan seluruh uang orang lain mungkin saja terjadi. Membeli properti dengan laba 20 atau 30 atau 50 atau 100 persen atau bahkan lebih per tahun sangat mungkin terjadi.

Banyak orang tidak percaya bahwa investasi di properti tidak hanya sebagus investasi lain, tidak hanya sedikit lebih baik, dan bahkan tidak hanya jauh lebih baik daripada investasi lain, tetapi puluhan bahkan ratusan kali lebih baik dari pada investasi lain.

Bayangkan anda memiliki setumpuk uang untuk diinvestasikan.  Tidak masalah apakah Anda mempunyai Rp 50 juta, Rp 100 juta, Rp 1 milyar, atau Rp 10 milyar karena prinsip yang sama berlaku dalam setiap kasus.  Anggaplah Anda saat ini memiliki Rp 1 milyar tunai yang siap untuk diinvestasikan.  Dan misalkan  saja anda sedang mempertimbangkan apakah akan menginvestasikan uang anda tersebut  di saham atau di property.  Dan untuk memudahkan, kita abaikan dulu biaya-biaya komisi dan biaya broker.

Saham vs property – 4 pertanyaan ajaib

1. Pertanyaan ajaib pertama – Saham vs Property

Saham

Saham senilai berapa rupiah yang bisa Anda beli dengan uang tunai anda yang Rp 1 milyar?

Property

Properti senilai berapa rupiah yang bisa anda beli dengan uang tunai Anda yang RP 1 milyar?

2. Pertanyaan ajaib kedua – Saham vs Property

Saham

Pada saat anda membeli saham senilai Rp 1 milyar menggunakan uang tunai anda Rp 1 milyar, berapakah nilai saham Anda?

Property

Pada saat anda membeli properti senilai Rp 10 milyar menggunakan uang tunai anda Rp 1 milyar dan kredit Rp 9 milyar, berapakah nilai properti Anda?

3. Pertanyaan ajaib ketiga – Saham vs Property

Saham

Ketika anda membeli saham senilai Rp 1 milyar dengan harga beli Rp 1 milyar (dan pada saat Anda membelinya, nilai sebenarnya tepat Rp 1 milyar), apa yang secara pribadi dapat anda lakukan untuk meningkatkan nilai portofolio anda?

Property

Ketika Anda membeli properti senilai Rp 15 milyar dengan harga Rp 10 milyar menggunakan uang tunai anda Rp 1 milyar dan kredit Rp 9 milyar, apa yang secara pribadi dapat anda lakukan untuk meningkatkan nilai properti anda?

4. Pertanyaan ajaib keempat – saham vs property

Saham

Anda membeli saham senilai Rp 1 milyar menggunakan uang tunai Rp 1 milyar dan nilai saham Anda Rp 1 milyar saat anda membelinya. Nilai saham anda sekarang berlipat ganda menjadi Rp 2 milyar. Apa yang harus Anda lakukan untuk menikmati sebagian kenaikkan nilainya?

Property

Anda membeli properti senilai Rp 15 milyar dengan harga Rp 10 milyar menggunakan uang tunai Rp 1 milyar dan kredit Rp 9 milyar. Nilai properti Anda berlipat ganda menjadi Rp 30 milyar. Apa yang harus Anda lakukan untuk menikmati sebagian keuntungannya?

Referensi :


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.